9 Hal Unik yang Bisa Kalian Temukan di Beijing

Hal Unik di Beijing — Tak akan ada habisnya membahas perihal keindahan China yang memiliki sejarah panjang nan memesona. Kesan misterius langsung tertangkap sejak pertama kali aku menjejakkan kaki di Beijing. Sebagai negara yang memiliki populasi terbesar di bumi dan kebudayaan kuno berusia 5000 tahun, berkesempatan untuk mengekplorasi kota ini menjadikan sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

9 Hal unik di Beijing

Pada perjalanan dua tahun lalu, aku menemukan beberapa hal unik yang ada di Beijing, antara lain :

#1. Gambaran Kota

Kondisi kota Beijing tak jauh berbeda dengan kota besar yang tengah berkembang lainnya, termasuk Jakarta. Populasi penduduknya terdiri dari lebih 19 juta jiwa, dengan jumlah 4 juta pekerja migran dari wilayah Tiongkok lain dan 90.000 orang asing. Padatnya penduduk turut menyumbang kemacetan dimana-mana. Pada pagi hari sebagian besar pekerja berduyun-duyun mengendarai sepeda menuju tempat kerjanya. Saking banyaknya jumlah sepeda yang digunakan setiap hari, hampir semua tempat menyediakan parkir khusus sepeda.

Tempat titip sepeda

#2. Suasana Taman Kota

Walau Beijing merupakan kota modern, bila ingin menikmati suasana khas ‘tempo doeloe’ maka pengunjung bisa mendatangi taman-taman kota saat fajar serta lokasi danau saat senja. Di sana kita bisa menyaksikan warga Beijing berkumpul. Ada yang berolahraga Taichi maupun duduk-duduk sambil bermain dam atau judi mahjong.

Bermain dam di Beijing

#3. Polusi Udara

Tingkat pencemaran udara di Beijing terbilang tinggi. Bahkan tak jarang kita akan menyaksikan langit berselimut polusi yang cukup pekat. Kenyataannya, sebanyak 16 dari 20 kota paling terpolusi di dunia berada di China. Wow sekali! Polusi udara tersebut disebabkan oleh batu bara, dimana China sangat mengandalkan kebutuhan energi pada suplai batu baranya yang cukup melimpah.

Polusi udara di Beijing

#4. Hutong

Kita dengan mudah dapat menyaksikan pemandangan kontras di Beijing. Di tengah megahnya gedung-gedung tinggi bertema futuristik yang modern, tak jauh dari sana masih terdapat hutong (lorong-lorong tradisional) yang sempit dan kumuh. Lorong tersebut dijejeri oleh rumah-rumah berhalaman yang disebut siheyuan. Namun proses modernisasi kota tak jarang menghancurkan hutong tersebut dan menggantikannya dengan bangunan pencakar langit. Hutong di distrik Dongsi dan Dongzhimen merupakan lorong-lorong labirin autentik yang masih tersisa.

hutongbeijing
Pic source: 1000daysbetween.com

#5. Kebiasaan Makan

Aktifitas makan dianggap sebagai salah satu bentuk kebudayaan Tionghoa yang terkenal. Oleh sebab itu Beijing memiliki ragam kuliner yang terkenal. Uniknya, para pria dan wanita di sana terbiasa menyantap makanan dalam porsi besar. Kegemaran mereka menyantap mie dimanapun berada membuat setiap hidangan mie hadir dalam porsi jumbo.

Makan mie porsi jumbo

#6. Tempat Wisata

Beijing mempunyai 3 tempat wisata berskala internasional yang pantang untuk dilewatkan. Sebut saja The Great Wall, yang merupakan struktur buatan manusia terpanjang di dunia. Lalu ada Tiananmen Square, yakni city square terbesar di dunia. Dan tak ketinggalan Forbidden City yang sangat termasyur, yaitu sebuah kompleks arsitektur kuno terluas di dunia.

Baca juga : The Great Wall of China : Sebuah Maha Karya

Mutianyu Great Wall Beijing

#7. Pemeriksaan Keamanan

Sistem pengamanan di Beijing terbilang ketat. Tak hanya di bandara, bahkan sebelum memasuki tempat wisata maupun stasiun subway seluruh pengunjung wajib melewati pemeriksaan. Seluruh barang bawaan turut dimasukkan ke dalam mesin X-Ray. Terkadang di waktu-waktu tertentu terjadi antrian pemeriksaan yang sangat panjang, terutama lokasi stasiun subway yang berada di wilayah perkantoran.

Suasana stasiun subway di Beijing

#8. Wisatawan Lokal

Warga China adalah wisatawan yang sangat antusias di negaranya sendiri. Mereka datang berbondong-bondong dari seluruh penjuru kota dan memadati semua tempat wisata di Beijing. Tua dan muda tampak begitu bersemangat. Bahkan mereka tak segan membawa makanan dan minuman sendiri untuk dinikmati sekeluarga. Beberapa diantaranya ada pula yang membawa alas duduk mirip tikar untuk bersantai menikmati makanan tadi di bawah pohon rindang.

wisatawan lokal di Beijing

#9. Perilaku Masyarakat

Beberapa kebiasaan warga Beijing yang sempat terekam adalah perilaku berbicara dengan volume suara yang keras. Bahkan nyaris seperti berteriak. Namun kaum muda di sana cukup ramah bila ditanyai oleh orang asing. Hal yang kurang mengenakkan adalah kebiasaan menyela antrian yang sering dilakukan oleh orang tua. Belum lagi perilaku suka meludah di mana-mana serta membiarkan anak kecil buang air kecil/besar sembarangan.

Masyarakat di kota Beijing

***

Dengan segala keunikan yang dimilikinya, bepergian ke sana ibarat sebagai batu loncatan menuju dunia yang berbeda. Beijing dipenuhi oleh berbagai tempat iconic dengan sejarah panjang. Mengamati budaya tradisional yang berpadu harmonis di tengah arus modernisasi membuat Beijing tak boleh dilewatkan. Aku mengucap syukur karena telah berkesempatan menjelajahi kota ini. Dan terbersit rindu untuk datang kembali. Satu kata yang ingin aku ungkapkan tentang Beijing… Amazing!

Baca sebelumnya : Mau Berkunjung ke China? Perhatikan 9 Hal Ini!

 

 

 

 

 

17 thoughts on “9 Hal Unik yang Bisa Kalian Temukan di Beijing

    • Polusinya memang masih rada mengganggu, tapi ngga setiap saat. Pas kami ke sana siy ada terasa. Untungnya ngga terlalu pekat, Ram. Padahal taman kota di Beijing cantik-cantik. Sayang aja kalau pas polusi gitu jadi kurang nyaman beraktifitas di luar ruangan😕

      Like

  1. Walau langitnya kelabu, tetap saja aku penasaran mau ke sana. Hutong itu paling menarik, gambaran kehidupan masyarakat di sana tergambarkan jelas di hutong-hutong ini ya mbak. Belom apa-apa aku udah ngebayangin bakalan dapet foto human interest banyak banget nih 🙂

    Like

    • Iya betul, penggemar foto-foto HI bakal puas motret kehidupan masyarakat di sana. Dan di dalam hutong selalu bisa nemu hal-hal unik. Cuma hati-hati banyak scam di hutong tadi, rata-rata ngincar turis asing. Terutama kalau niat mau keliling hutong naik becak☺

      Like

  2. Mungkin karena disana negara 4 musim, jadi biarpun polusinya banyak jadi gak terlalu terasa ya Mb Molly. Orang – orang masih bebas duduk dimana aja. Naik sepeda juga enak

    Beda kan sama kita, asap mana panas lagi. Keliatan banget polusinya. Mau duduk ah panas. Naik sepeda eh lawannya truk sama bis segede gaban yang bikin polusi juga

    Like

    • Kalau pas musim panas bisa luar biasa banget panasnya, Dila. Jadi efek polusi terasa makin menjadi-jadi. Untungnya di Indonesia tingkat polusinya belum seberbahaya kayak China gini. Bahan penyebab polusinya juga beda. Di China mah, parah.

      Like

  3. Jadi ingat pernah ada murid ngasih coin 2 Yuan. Cuma recehan, mungkin itu yg akan disebut orang lain. Tapi dia ngasih dg kalimat, “For you, someday you gonna travel to China.” Kata dia memang Beijing itu keren banget. Ternyata mereka pada sepedaan juga ya. Kalau menu makan yg jumbo, jadi inget para mamah muda makan mie di Sin porsi jumbo. Alamakkk, kok kuat ya, haha… dan tetap langsing. Ternyata untuk keamanannya juga cukup tegas ya, Kak.

    Like

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s