5 Alasan Berkunjung ke Ipoh, Kota Tua nan Unik di Malaysia

Cara terbaik mengenal sebuah kota adalah dengan berjalan menelusurinya. Aku merasa perlu menajamkan semua indera demi menikmati setiap sudut kota seoptimal mungkin. Bersama dengan suami, aku tiba di Ipoh menggunakan transportasi bus dari Penang.

Berwisata ke Ipoh Malaysia

Setelah meletakkan barang bawaan di hotel, kami memilih untuk berjalan kaki saja. Suasana ramai siang itu tidak terasa asing. Mungkin karena ini adalah kali kedua aku menginjakkan kaki di kota Ipoh.

Baca juga : French Hotel, Ipoh: Budget Hotel terbaik di Lokasi Strategis

Kota tua Ipoh masih tampak terpelihara baik. Sebagian besar bentuk bangunannya nyaris tak mengalami perubahan berarti. Di kawasan kota tuanya bahkan tak terlihat penambahan bangunan baru, selain beberapa gedung yang dipugar menjadi bangunan modern.

Ipoh adalah ibukota negara bagian Perak, Malaysia. Ia terletak di barat laut Malaysia yang menjadi pintu gerbang menuju Cameron Highland yang menjadi tempat rekreasi dan peristirahatan favorit sejak zaman kolonial.

Gedung Dewan Bandaran Ipoh

Meski tidak sepopuler Penang atau Malaka, menurutku ada sejumlah alasan yang membuat Ipoh sangat layak untuk dikunjungi :

1. Menengok bangunan zaman kolonial yang terawat

Sebagai kota yang merupakan bekas pusat penambangan timah, Ipoh memiliki banyak sekali bangunan bernuansa kolonial Inggris yang berpadu dengan seni tradisional Melayu. Keragaman sektor wisatanya masih didominasi oleh objek-objek bernilai historis yang sangat menarik di mata para pencinta wisata budaya.

Stasiun kereta api Ipoh

Meski begitu, tak salah pula menjadikan Ipoh sebagai destinasi rekreasi keluarga sebab tersedia pilihan tempat wisata yang ramah bagi anak. Jadi, tak perlu khawatir bila membawa buah hati berkunjung ke Ipoh.

2. Menikmati White Coffee yang terkenal

Bagi penikmat kopi, jangan lupa mencicipi sajian kopi dengan sensasi rasa sedikit berbeda, yakni white coffee. Sebab belum afdol rasanya bila mampir ke Ipoh namun tidak mencoba white coffee-nya yang tersohor.

Ipoh White Coffee yang terkenal

Konon biji kopinya diolah dengan cara dipanggang menggunakan margarin sehingga rasanya tidak begitu pahit. Old Town White Coffee dan kedai-kedai kopi khas Cina (kopitiam) lainnya bisa dinikmati sejak pagi hari.

3. Berwisata kuliner yang menyenangkan

Ipoh juga terkenal dengan wisata kulinernya, Mulai dari beragam kios jajanan, restoran lokal, hingga food court yang semuanya menyajikan kuliner khas yang sulit ditemui di tempat lain. Sebut saja egg tart, caramel egg custard, tau fu fah, ayam tauge, nasi ganja, mee kari, dan masih banyak lagi.

Caramel custard di Ipoh Malaysia

Aneka kuliner otentik tersebut mudah ditemui dan begitu menggugah selera. Dari sisi harganya pun cukup terjangkau hingga sulit untuk melewatkan wisata kuliner khas lokal.

4. Jalan-jalan dengan biaya terjangkau

Berwisata di Ipoh sangatlah menyenangkan karena dari segi biaya cukup ramah di kantong. Untuk menelusuri beberapa tempat menarik di pusat kota bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Hemat ongkos tentunya. Tersedia pusat informasi turis sebagai panduan untuk mengitari jalanan di kota Ipoh.

Jalan-jalan di kota Ipoh Malaysia

Jika berencana untuk mengeksplor destinasi wisata yang letaknya sedikit jauh tentu membutuhkan transportasi. Tak perlu risau karena tersedia taksi online seperti Grab yang sangat memudahkan.

5. Menengok beragam seni mural yang indah

Seperti halnya Penang, Ipoh juga memiliki banyak mural art yang tersebar luas di dinding bangunan tua maupun sudut-sudut jalan. Kita akan menjumpai kejutan-kejutan kecil di sana dan menjadikannya sebagai objek menarik untuk berfoto.

Lukisan seni mural di Ipoh Malysia

Seni jalanan yang menggambarkan kehidupan warga lokal dan tradisi daerah merupakan daya tarik tersendiri. Di sepanjang Mural`s Art Lane yang terletak di sebuah lorong pada sisi timur sungai Kinta terdapat lukisan mural yang menawan hati.

Pelukis mural Ernest Zacharevic asal Lithuania banyak meninggalkan hasil karya seperti yang ia lakukan di Penang. Lukisan mural kini menjadi salah satu daya tarik wisata bagi siapapun yang berkunjung ke Ipoh.

***

Sebetulnya masih cukup banyak alasan yang membuat kita harus mengunjungi Ipoh. Bekas kota tambang yang kini mulai menggeliat lagi terlihat siap menerima kehadiran turis.

Sebagai kota kolonial Inggris yang sering dijadikan tempat transit, Ipoh memang memiliki sejarah masa lalu yang unik dan menarik. Selain itu adanya taman rekreasi bagi keluarga (Lost World of Tambun) dan wisata alam yang tersaji lainnya dapat menjadi alternatif pilihan untuk berlibur.

Bagi aku dan suami yang kebetulan suka berjalan kaki menyusuri sudut kota, kelima alasan tadi sudah cukup membuat kami memilih kota tua Ipoh untuk dijelajahi. Wisata kuliner tentu hal yang tidak kami lewatkan dan akan aku sajikan dalam tulisan terpisah.

Semoga kelak teman-teman bisa menyambangi kota Ipoh, ya!

Baca juga: Naik Transportasi Bus dari Penang Menuju Ipoh, Malaysia

Suasana kota Ipoh

 

 

9 thoughts on “5 Alasan Berkunjung ke Ipoh, Kota Tua nan Unik di Malaysia

  1. Betul sekali, mbak Molly. Cara terbaik mengenal suatu kota adalah dengan berjalan kaki dan naik transportasi umum. Itulah sebabnya aku nggak suka pake tur karena aku nggak mau kehilangan pengalaman otentik di kota itu, termasuk di kota yang nggak ramah bahasa Inggris seperti Macau dan Hong Kong yang baru saja kukunjungi.

    Biarkan saja Ipoh tak seterkenal Penang atau Melaka, agar ketenangannya tetap terpelihara 🙂

    Like

    • Setuju, Mas Nugie. Berjalan-jalan mengitari kota sering bikin kita bertemu hal-hal unik. Dan pinginnya Ipoh tetap damai seperti ini. Kalau terlalu riuh yang ada malah capek sendiri, ya. Hehehe😀

      Liked by 1 person

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s