5 Tips agar Tetap Sehat Selama Traveling

Lewat traveling, aku belajar banyak tentang hidup. Lewat traveling pula, aku semakin mengasah diri untuk hal yang lebih baik. Tak sekadar jalan-jalan, kegiatan ini dapat mengajak kita untuk memaknai setiap perjalanan lebih dalam. Bisa juga jadi ajang perenungan.

Tetap sehat ketika traveling

Kini, traveling bukan hanya sebatas mengunjungi tempat indah guna melepas penat. Tak juga hanya mengasah kemampuan fotografi dari setiap gambar yang diambil. Lebih dari itu, traveling atau melakukan perjalanan mampu memperkaya diri lewat sejuta kisah yang terangkum.

Dalam waktu dekat kira-kira kalian ada yang berencana untuk mengunjungi destinasi wisata tertentu? Kalau iya, jangan lupa persiapkan segala kebutuhan agar tidak ketinggalan atau lupa.

Sebelum berangkat, biasakan untuk berolahraga dan memeriksa kondisi tubuh. Upaya ini dilakukan demi memastikan badan kita bugar. Tak lupa, mintalah izin kepada ayah dan beri ucapan pada ibu tersayang agar didoakan selamat sepanjang perjalanan.

Berbahagialah teman-teman yang masih memiliki kedua orang tua dan dapat meminta izin. Aku sendiri sudah hampir 4 tahun ditinggal selamanya oleh Papa dan Mama tercinta.

Oh ya jangan lupa untuk mengawalinya dengan menyusun rencana perjalanan. Walau agenda dan tempat tujuan telah tertata rapi, kita juga harus siap dengan segala kemungkinan yang bakal terjadi nanti. Selanjutnya tinggal kemasi barang beberapa hari sebelum berangkat.

Melakukan perjalanan sebaiknya tidak dilakukan secara terburu-buru. Artinya, berikan kesempatan diri ini untuk mengingat kembali semuanya. Prioritaskan penataan barang berdasarkan kepentingan pribadi.

Ada 5 tips yang selalu aku praktikkan agar tetap sehat saat traveling, yakni:

1. Menjaga Pola Makan
Kapanpun dan di manapun kita berada, menjaga pola makan adalah hal penting. Banyak traveler yang sakit karena sering terlambat makan atau mengonsumsi asupan sembarangan. Perhatikan jam dan tempat membeli makanan.

Jaga pola makan saat traveling

Pastikan kita makan tepat waktu dengan kandungan gizi yang mumpuni untuk tubuh. Jangan lupa minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Bila perlu, bekali diri dengan suplemen kesehatan untuk menjaga kebugaran selama traveling berlangsung.

2. Gunakan Pakaian Nyaman
Poin yang satu ini juga perlu dipikirkan secara ekstra. Ya, gunakan pakaian yang nyaman saat hendak pergi berkelana menuju destinasi wisata cantik. Sesuaikan dengan kondisi iklim dan geografis tempat yang hendak dituju.

Pakaian nyaman saat traveling

Lihat lagi, sudahkah pakaian kita nyaman mulai dari atas ke bawah? Jika tempat yang hendak dituju berudara dingin, maka bawalah kostum tebal seperti jaket, mantel, kupluk, sepatu boots, dan sebagainya. Bila tujuan destinasi beriklim tropis, kenakan kacamata serta topi. Jangan sampai salah memilih kostum, ya.

3. Penuhi Waktu Istirahat
Tak sedikit dari kita yang ingin memaksimalkan momen liburan dengan mengeksplor berbagai tempat. Kadang-kadang aku juga begitu. Namun, kesalahan terjadi ketika sebagian besar waktu dipakai untuk terus menjelajah, tanpa mengambil jeda sama sekali. Padahal tubuh perlu diberi hadiah istirahat untuk memulihkan tenaga, kan?

Istirahat saat traveling agar tetap sehat

Maksimalkan waktu tidur sebagai momen istirahat bagi tubuh selama rata-rata 7 hingga 8 jam dalam sehari. Berikan kesempatan tubuh untuk melakukan relaksasi dan meregangkan otot-otot. Sama halnya dengan tubuh, otak juga butuh tidur agar tidak stres.

4. Bawa Suplemen Kulit
Pastikan untuk mengoleskan tabir surya di seluruh bagian kulit sebelum mulai beraktivitas. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet dari matahari mampu menimbulkan kekusaman, penuaan hingga kerusakan pada kulit.

Jaga kesehatan kulit

Aktivitas yang padat selama traveling juga mampu berujung pada kekeringan kulit. Sebagai antisipasi, gunakan pelembap secara teratur sebelum pergi dari satu tempat ke tempat lain.

5. Koordinasi Kondisi Kesehatan
Jika bepergian bersama pasangan, teman atau siapapun itu, biasakan untuk terbuka mengenai kondisi tubuh masing-masing. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika kita atau orang lain punya masalah kesehatan serius. Jadi jangan sepelekan hal ini, ya.

Tetap sehat selama traveling

Pergi sendirian? Tak usah takut. Bawalah obat-obatan umum seperti obat diare, sakit kepala, masuk angin dan sebagainya untuk jaga-jaga. Bila perlu, cari informasi seputar keberadaan pusat medis terdekat di tempat kita berlibur.

***

Melakukan perjalanan akan membuat kita terbuka pada banyak hal. Buatku juga begitu. Kita bisa lebih menghargai dunia sekitar dan yang paling mengasyikkan adalah mendapat inspirasi baru.

Supaya traveling jadi lebih aman, silakan praktikkan tips di atas, ya. Selamat menjelajah!

Tips traveling agar sehat

 

 

 

29 thoughts on “5 Tips agar Tetap Sehat Selama Traveling

  1. bagaimana ya kak kalau pasangan/istri/suami kurang suka jalan-jalan, lebih prioritas ke hal lain misal renovasi rumah, beli perabot, beli tanah dll, katanya ke suatu kota/negara cukup sekali saja, kecuali mudik dan urusan kerja. sementara kita tergiur oleh tiket promo ke luar negeri yang sangat murah, misal saat ini KLM Jakarta KL 890 ribu PP, Air Asia Jakarta Penang 280 ribu PP (final call). pengen naik pesawatnya saja dan merasakan menu baru prebook meal. sampai tujuan pulang. hahaha

    Liked by 1 person

    • Kadang-kadang kita memang sulit ngajak pasangan yang mungkin kurang suka jalan-jalan karena mungkin nganggepnya ngga penting atau bahkan cuma ngabisin duit aja. Dan menurutku memang ga bisa dipaksain sih hehehe. Pelan-pelan coba tukar pikiran biar mindset-nya berubah. Karena traveling itu manfaatnya seumur hidup. Apalah arti harta kalau ngga punya tabungan kenangan, kan? Hehehe😁

      Like

  2. Iya kak, cek kesehatan sebelum travelling itu penting kali mmg yakan kak, kalo sakit pas travelling gak enak x rasanya.. Thanks tipsnya kak, kalau krucils gedean nanti pengen travelling bareng mreka. Pasti persiapan kami nanti lebih rempong dari tulisan kakak ini.. 😁

    Liked by 1 person

    • Kuncinya jangan sampai sakit selama perjalanan. Tapi kalau udah diusahakan tetap harus sakit juga ya, jangan lupa banyakin instirahat biar cepet pulihnya dan enak jalan-jalan lagi😀. Semoga nanti kalian bisa ngetrip berempat, Jannah. Pasti seru!

      Like

    • Lebih enak traveling nyantai ya, jadi bisa lebih menikmati. Rasanya capek aja kalau semua serba terburu-buru hehehe. Aku ngga pernah lupa bawa body lotion atau sunblock tiap kali ngetrip, biar kulit ngga tambah ancur :D.

      Like

  3. Bermanfaat kali tipsnya, kak. In syaa Allah bulan depan ada rencana jenjalan. Paling suka kelupaan itu soal ngatur waktu istirahatnya. Maunya jalaan terus ya, kan. Haha. Makasih udah mengingatkan ya, kaak.. 😘

    Liked by 1 person

    • Kalau lagi liburan kita suka over semangat ya, Nisa hahahaha😀. Tapi tetep jangan lupa istirahat cukup biar bugar dan pas kembali dari liburan nanti badan ngga berasa mau retak😊.

      Like

  4. Yang paling susah kalau lagi jalan-jalan adalah istirahat cukup. Apalagi kalau naik bus malam dari tempat satu ke tempat lain buat menghemat waktu. Bener-bener harus mempersiapkan banyak hal supaya bisa tidur dengan nyaman.

    Liked by 1 person

  5. aku punya kebiasaan , sebulan sblm traveling, aku rutin tuh minum imboost ato suplement vitamin utk imunitas tubuh. banyakin jogging krn pas traveling aku biasanya bakal jalan. jd biar bdn terbiasa di awal :D. kalo kayak obat2an dan suplemen aku pasti bawa. komplit kalo itu :D.

    Like

    • Berarti udah tau apa kebutuhan buat jaga kesehatan diri sendiri ya, Mba. Bagus itu, karena kalau udah sakit apalagi pas jalan-jalan, bisa merepotkan orang lain juga😊.

      Like

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s