Menginap di The Wembley A St Giles Hotel, Penang

Bagiku menginap di The Wembley A St Giles Hotel, Penang berawal dari ucapan iseng yang berujung kenyataan. Sebab waktu terakhir kali mampir ke Penang di bulan November 2018 lalu, aku dan suami acapkali jalan kaki menuju pusat perbelanjaan di seberangnya melewati sisi depan hotelnya. Kebetulan waktu itu hotel yang kami inapi terletak beberapa blok saja di belakang hotel ini.

The Wemley A St Giles Hotel Penang yang strategis

Saking seringnya melintas di depan The Wembley A St Giles Hotel, sempat terucap olehku betapa enaknya bila kami menginap di sana, mengingat akses yang sangat dekat dari 1St Avenue Mall, Komtar. Tak perlu berjalan kaki sekian ratus meter dulu untuk mencapai mall, toh?

Siapa duga ternyata pada kunjunganku ke Penang di tahun 2019 atas undangan Familiarisation Trip dari Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) belum lama ini, aku justru dapat kesempatan bermalam di sana. Ini suatu kebetulan yang menyenangkan.

Wilayah George Town merupakan salah satu kawasan favorit bagi para pelancong. Begitu banyak objek wisata menarik khas kota lama yang bisa disambangi hanya dengan berjalan kaki. Selain itu, kita mudah mengakses beragam kuliner lokal, menelusuri situs-situs warisan budaya UNESCO dan aneka mural, hingga belanja murah di Pasar Chowrasta. Mau beli oleh-oleh juga bisa!

The Wembley A St Giles Hotel berlokasi tepat di jantung George Town, kawasan bersejarah di Penang. Letaknya sangat strategis karena tepat berada di seberang kompleks perbelanjaan Komtar.

The Wembley A St Giles Hotel Penang dekat Komtar

Dahulu pada masa pemerintahan Inggris, hotel ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang bernama Wembley Park. Tempat itu dijadikan arena pertunjukan hiburan seperti pagelaran theater yang mendatangkan pemain operette dari Eropa dan Amerika. Sementara lingkungan sekitarnya terdiri dari toko-toko kuno dan rumah zaman kolonial.

Hotel yang berjarak 20 menit dari bandara internasional Penang dan 5 menit dari terminal feri, merupakan hotel pertama yang memiliki helipad di roof-top. Tapi aku tidak cuma mengagumi hal itu, melainkan suka sekali dengan desain modern nan unik di sisi luar hotel ini.

Sesaat memasuki area lobi, kita akan langsung merasa bahwa hotel ini menawarkan pengalaman menginap cukup mewah. Maka tak salah bila hotel bintang empat tersebut menjadi pilihan yang tepat bila sedang berlibur bersama keluarga karena letaknya yang strategis.

Memasuki The Wembley A St Giles Hotel Penang

Lobby The Wembley A St Giles Hotel Penang

Lobby dari The Wembley A St Giles Hotel Penang

Concierge di The Wembley A St Giles Hotel Penang

Area lobi cukup luas menawarkan nuansa hangat yang langsung membuat betah. Di sisi kanan merupakan Lobby Lounge untuk tempat bersantai menikmati pilihan pastry dan minuman ringan. Area resepsionis juga mencuri perhatian karena tampil dengan nuansa kayu dan diberi aksen memikat.

Area Resepsionis The Wembley A St Giles Hotel Penang

Lobby Lounge di The Wembley A St Giles Hotel Penang

Fasilitas di The Wembley A St Giles Hotel Penang

Tersedianya enam buah lift yang dapat membawa tamu hingga ke lantai tertinggi tentu menjadi nilai tambah. Para tamu tak perlu menanti lama bila ingin segera beristirahat di kamar.

Lift di The Wembley A St Giles Hotel Penang

Kamar Superior yang Apik

Aku menempati kamar bertipe Superior yang terletak di lantai dua puluh lima. Meski mendapat two single beds, namun letak ranjang tidak dipisahkan oleh nakas melainkan langsung bersisian satu sama lain.

Bukaan jendela yang besar memberi pemandangan kota yang lumayan. Karena aku tiba di siang hari, sinar matahari langsung menembus dan memberi penerangan alami ke seisi kamar.

Kamar Superior The Wembley A St Giles Hotel Penang

Tipe kamar Superior The Wembley A St Giles Hotel Penang

BUku menu The Wembley A St Giles Hotel Penang

Malaysia Healthcare di The Wembley A St Giles Hotel Penang

Welcome gift Malaysia Healthcare

Menginap di The Wembley A St Giles Hotel Penang

Fasilitas kamar cukup lengkap sesuai standar hotel bintang empat, seperti ketersediaan tv layar datar dengan beragam saluran pilihan, mini refrigerator, tea/coffee maker, digital safe, sajadah, bathrobe beserta sebuah lemari geser yang dilengkapi setrika berikut papan setrikanya yang membuat hidup jadi lebih mudah. Kita juga dapat mengatur suhu ruangan secara digital.

Lemari di kamar Superior The Wembley A St Giles HOtel Penang

Suasana kamar The Wembley A St Giles Hotel Penang

Coffee/tea maker The Wembley A St Giles Hotel Penang

Bathrobe di The Wembley A St Giles Hotel Penang

Meski merupakan tipe kamar paling standar namun terasa cukup spacious. Karpetnya juga terbilang masih terawat meski hotel ini tidak benar-benar baru. Ranjang dan bantal yang empuk tentunya bakal menjanjikan kenyamanan tidur nanti malam.

Area bersih-bersih yang lega dengan pencahayaan melimpah membuat aku betah berlama-lama di kamar mandi. Air pancuran yang mengucur deras serta-merta menghapus penat sepanjang hari.

Bathroom The Wembley A St Giles Hotel Penang

Amenities The Wembley A St Giles Hotel Penang

Hairdryer The Wembley A St Giles Hotel Penang

Kloset di The Wembley A St Giles Hotel Penang

Overall, aku suka dengan kamar ini. Apalagi tersedia free WiFi yang super kencang. Mau apa lagi, kan?

Oh ya, selain tipe Superior, terdapat empat tipe kamar lainnya yakni Deluxe, Executive Superior, Executive Deluxe, dan Executive Suite dari keseluruhan berjumlah 415 kamar, dengan pilihan pemandangan kota atau melihat laut dari kejauhan.

Sarapan di Wembley Cafe

Aku bangun cukup pagi karena tidak ingin terburu-buru sarapan. Dan saat keluar dari kamar, jendela di koridor menampilkan pemandangan cantik yang sayang bila tak diabadikan.

View dari The Wembley A St Giles Hotel Penang

Wembley Cafe adalah all-day dining restaurant yang buka setiap hari mulai pukul 06.30 – 10.30 waktu setempat dan terletak di lantai 2. Menu buffet yang ditawarkan merupakan perpaduan antara Western dan Asian Cuisine, berikut dengan makanan khas Penang tentunya.

Suasana sarapan di Wembley Cafe Penang

Sarapan di Wembley Cafe Penang

Breakfats buffet di The Wembley A St Giles Hotel Penang

Pilihan menu buffet di Wembley Cafe Penang

Egg Station di Wembley Cafe Penang

Menu sarapan di Wembley Cafe Penang

Aneka pastry di Wembley Cafe Penang

Mie rebus di Wembley Cafe Penang

Kopi dan teh di Wembley Cafe Penang

Pilihan menunya sangat beragam. Aku pun mencoba beberapa alternatif menu yang berbeda setiap harinya. Salah satu favoritku adalah dim sum, tentunya.

Sarapan di The Wembley A St Giles Hotel Penang

Ruangan yang cukup luas ini selalu padati oleh tamu di pagi hari. Mereka yang menginap bisa memilh tempat duduk di sisi jendela sambil menikmati pemandangan kota. Pelayan yang bertugas cukup cekatan dan helpful terhadap tamu-tamu di sana.

Fasilitas Hotel Lainnya

Hotel ini memiliki DSRT Sky Room di lantai 31 yang merupakan bar untuk menikmati pemandangan kota di sore hingga tengah malam setiap harinya. Selain itu terdapat Executive Lounge di lantai 30 yang merupakan area khusus bagi pengunjung yang ingin menikmati waktu bersantai sambil mencicipi hidangan.

Lalu bagi penggemar kuliner Jepang, bisa menikmati aneka menu pilihan di Enoshima Japanese Restaurant di lobby area yang buka pada jam-jam tertentu.

Bagi yang ingin menyelenggarakan acara, dapat memanfaatkan Wembley Grand Ballroom di lantai 10 maupun Function Room lainnya yang tersedia di lantai 9.

Fasilitas yang juga tak boleh dilewatkan adalah tersedianya Gymnasium di lantai 11 yang buka sejak pukul 6 pagi hingga 11 malam. Satu hal yang membuatku sedikit menyesal adalah tak sempat menikmati renang di Infinity Swimming Pool yang berada di lantai 11 dan buka pukul 6 pagi hingga 11 malam. Sayangnya aku kelupaan untuk memotret, padahal sudah direncanakan sejak awal kedatangan. Ah, sudahlah.

***

Aku senang bisa mendapatkan pengalaman menginap di The Wembley A St Giles Hotel, Penang selama 4 hari 3 malam pada 13 – 16 Oktober 2019 lalu. Mungkin bila bepergian untuk tujuan liburan, aku bisa lebih mengeksplor lagi hotel tersebut.

Kalian ada yang sudah pernah menginap di hotel ini? Boleh sharing, ya.

The Wembley A St Giles Hotel Penang di malam hari

The Wembley A St Giles Hotel

183, Jalan Magazine

10300 George Town, Penang, Malaysia

Ph. 604-2598000, Fax. 604-2643388

Email: info.swpg@StGiles-Hotels.com

Website: www.stgileshotels.com

13 thoughts on “Menginap di The Wembley A St Giles Hotel, Penang

  1. sking udh lamanya ke Penang, aku hrs meras otak banget lokasi hotel ini, krn seingetku, aku ga prnh liat ini tiap kali ke komtar.. baru berarti ya mba :D. hotel yg srg aku inepin kalo ke penang itu traders hotel. apa deket hotel itu yaa.. baguuus sih tempatnya, aku malah jd pgn stay di wembley ini kalo nanti ke penang 😀 . Tahun depan hrs balik lg deh ke sana.

    sbnrnya aku memang udh ada rencana mau balik, tp wkt citilink prmo murah bgt ke penang, ga jd beli krn adekku ga bisa ikutan. pdhl pgn bareng dia juga supaya kami sekalian nostalgia zaman2 kuliah :D. Tp td ada plang tulisan cititel di dindingnya, berarti deket ama hotel cititel yaa..

    Like

    • Hotelnya ngga terlalu baru juga, Mba. Mungkin belum sampai 10 tahun beroperasi, tapi kurang pasti juga. Kalo dirimu suka main ke 1st Avenue Mall, pas banget siy nginep di sini karena tinggal nyebrang doang😀. Dan memang ngga jauh dari Cititel Hotel. Kapan-kapan mampir Penang, bolelah coba nginep di hotel ini.

      Like

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s