Mengenal Tempat Wisata di Negeri Selangor lewat Webinar Rindu Malaysia

Ketika mengikuti “Rindu Malaysia Webinar Series” bertajuk The Uniqueness of Selangor yang diselenggarakan oleh Tourism Malaysia Medan, aku ngga menyangka kalau Negeri Selangor punya banyak keunikan yang memikat hati. Selama ini aku baru tahu sebagian kecil tempat wisata yang ada di sana.

Splendid Selangor oleh Tourism Selangor

Sebagai informasi, Selangor adalah negara bagian dengan jumlah penduduk terbanyak di Malaysia. Ia terletak di tengah-tengah Semenanjung Malaysia di pantai barat serta mengelilingi Kuala Lumpur dan Putrajaya (sumber: Wikipedia).

Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, namun Tourism Malaysia Medan rutin mengadakan rangkaian webinar dalam rangka mempromosikan negeri jiran kepada pasar Sumatera secara khusus dan Indonesia secara umum.

Aku sendiri senang mengikuti kegiatan tersebut sebab penasaran dengan beragam pilihan wisata menarik di Malaysia. Selalu ada wawasan baru yang kuperoleh usai menyaksikan webinar. Dan tentu saja jadi makin tak sabar ingin berwisata ke Negeri Selangor.

Seperti biasa, Bapak Hishamuddin Mustafa selaku Konsul Pelancongan Malaysia sekaligus Direktur Tourism Malaysia Medan membuka sesi webinar dengan penuh semangat. Tak cuma beliau yang rindu ingin menengok kampung halaman, namun aku yakin sekali seluruh peserta webinar pagi itu menahan kerinduan untuk kembali berwisata dengan nyaman ke Malaysia. Beruntung di bulan Oktober 2019 lalu aku masih sempat menginjakkan kaki ke Penang dan Selangor atas undangan dari Malaysia Healthcare serta Sunway Medical Centre.

Dengan antusias Pak Hisham memperkenalkan Selangor sebagai sebuah negeri paling maju di Malaysia serta memiliki infrastruktur terbaik seperti lebuh raya dan pengangkutan. Masyarakat Indonesia sendiri sudah akrab dengan sebagian tempat yang kerap dikunjungi oleh para pelancong.

Subang Jaya Selangor Malaysia

Sebut saja Sunway Pyramid di Petaling Jaya yang merupakan pusat membeli-belah dan hiburan pertama di Malaysia. Lalu ada GM Klang Wholesale yang merupakan pusat grosir terbesar di Malaysia, serta Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah yang merupakan masjid terbesar di Malaysia dan terbesar kedua di Asia Tenggara.

General Manager Tourism Selangor yakni Azrul Shah Mohamad mengatakan bahwa webinar ini adalah salah satu usaha terbaik yang dilakukan untuk mempromosikan wisata Negeri Selangor sekaligus menyambut kedatangan turis asal Indonesia jika kelak perbatasan negara dibuka.

Tourism Selangor merupakan badan promosi pelancongan resmi Negeri Selangor yang diberi kehormatan untuk mewujudkan kunjungan wisatawan domestik dan internasional ke Selangor, Malaysia dengan meningkatkan profil negeri. Tourism Selangor telah melakukan banyak inisiatif yang meliputi pengelolaan acara lokal dan internasional, campaign dan roadshow, hingga menjelajah ke dalam beberapa misi perdagangan pelancongan luar negeri (overseas tourism trade).

Di kesempatan tersebut, Azrul Shah turut memperkenalkan campaign “Splendid Selangor; Take Me Anywhere” yang berfokus pada pasar internasional. Penggunaan tagar #SplendidSelangor dan #TakeMeAnywhere menjadi salah satu kiat untuk lebih mendorong promosi ini karena sangat mudah dibagikan di media sosial.

Sesi webinar diikuti oleh sekitar 160 orang peserta yang terdiri dari pegiat wisata dari seluruh Indonesia, delegasi media, para wakil organisasi setempat termasuk Badan Korporat, institusi pendidikan, serta umum.

Sementara itu, Negeri Selangor turut mempersiapkan delapan produk wisata unggulan yakni Pusat Borong GM Klang, Sky Mirror Kuala Selangor, Sunway Resort Hotel, Sunway Lagoon, Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), Management & Science University (MSU), Malindo Air, dan Malaysian Inbound Tourism Association (MITA) untuk disosialisasikan pada kesempatan tersebut.

Adapun destinasi-destinasi unggulan yang dijelaskan antara lain :

Destinasi Eco Nature & Agro Tourism

Akhir-akhir ini konsep agrowisata tengah banyak diperbincangkan dan mulai banyak dilirik oleh wisatawan. Pengembangan agrowisata memungkinkan bagi wisatawan menikmati keindahan alam sekaligus memiliki keunikan yang mampu menarik minat.

Sky Mirror (Hidden Island) di Kuala Selangor yang juga dikenal sebagai Pantai Sasaran, adalah sebuah “pulau misteri” yang hanya muncul pada hari-hari tertentu di sepanjang bulan. Pantai unik ini dapat memantulkan bayangan langit, mirip dengan dataran garam Salar de Uyuni di Bolivia. Menariknya, ini hanya ada di dua tempat saja di dunia, yakni Bolivia dan Malaysia.

Sky Mirror di k

Lalu ada Kanching Eco Forest Park yang terletak di Rawang dan berjarak sekitar 21 km dari Kuala Lumpur. Hutan hujan tropis ini sangat ideal untuk piknik karena mempunyai 7 air terjun dan telah dibangun kolam untuk menampung air bersih yang mengalir dari perbukitan.

Tak ketinggalan Sekinchan Ninja Private Kitchen, dimana pengunjung dapat menikmati sarapan sambil menengok pemandangan indah dari sawah yang terhampar luas. Sekinchan adalah salah satu pusat penghasil beras utama dengan hasil panen tertinggi secara nasional.

Sekinchan Ninja Private Kitchen

Skytrex Adventure Sg. Congkak terletak di daerah sejuk dan berbukit di Hulu Langat. Tempat ini sangat memerhatikan lingkungan dan akan memberlakukan pembatasan terutama penggunaan produk plastik sekali pakai, contohnya styrofoam. Di hutan hujan tropis tersebut pengunjung dapat menikmati pengalaman seperti sky trekking, flying fox, dan lain-lain.

Destinasi Family & Theme Parks

Sunway Lagoon yang berada di bandar Sunway tentu sudah tak asing lagi bagi kita masyarakat Indonesia. Bekas kawasan tambang timah ini merupakan salah satu taman rekreasi tertua di Malaysia. Sebagai taman bermain outdoor yang super lengkap dan megah, Sunway Lagoon mempunyai puluhan wahana permainan yang tersebar di enam zona utama.

Sunway Lagoon Malaysia

Istimewanya lagi, Sunway Lagoon juga mempunyai akses langsung menuju Sunway Resort yang merupakan hotel bintang 5 dengan pelayanan modern terbaik di lokasi strategis. Di hotel tersebut juga terdapat Gordon Ramsay Bar & Grill yang patut dicoba. Wow, aku jadi penasaran banget!

Selain itu, wisatawan juga dapat berkunjung ke Bangi Wonderland Theme Park & Resort, yakni taman hiburan air yang terletak di lahan seluas 12 hektar. Mencoba 14 wahana dan seluncuran yang fantastis akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Bangi Wonderland Malaysia

Terdapat juga Gamuda Cove Discovery Park yang menawarkan pengalaman berwisata yang tak biasa. Salah satu keunikannya, pengunjung bisa mencoba Cove Aerobar, dimana pengunjung bakal disuguhi pemandangan dari ketinggian.

Gamuda Cove Discovery Park

Destinasi Shopping Heaven

Rasanya tak lengkap bila belum berbelanja di Malaysia. Setiap kali datang ke Malaysia, aku selalu menyempatkan mampir ke mall dan belanja tipis-tipis. Rasanya ada saja yang menarik untuk dibawa pulang ke Medan.

Pusat perbelanjaan Sunway Pyramid adalah salah satu mall favoritku di Selangor. Dahulu aku mengetahui mall ini dari adikku Melissa, sewaktu ia menempuh pendidikan di Sunway College beberapa tahun silam. Karena bentuk bangunannya yang unik dan bertingkat ke bawah, aku pernah sampai tersasar di dalam mall itu serta bingung mencari pintu keluar utama. Hahaha. Dan aku terakhir kali singgah ke Sunway Pyramid justru di sela-sela waktu kunjunganku ketika melakukan pemeriksaan kesehatan di Sunway Medical Centre.

Sunway Pyramid Malaysia

Selain Sunway Pyramid, wisatawan pun bisa singgah di 1 Utama Shopping Centre yang terkenal sejak dulu. Oya, jangan lupa untuk mampir ke GM Klang Wholesale dan Mitsui Outlet Park di KLIA juga, ya.

M
GM Klang Wholesale

Destinasi Medical & Wellness

Selangor tak cuma dikenal dengan shopping mall maupun theme park saja, tetapi juga memiliki sejumlah rumah sakit bertaraf internasional. Sebut saja Subang Jaya Medical Centre, Alpha IVF & Women`s Specialist, Thomson Hospital Kota Damansara, Avisena Specialist Hospital, dan Sunway Medical Centre. Dengan ramainya pasien Indonesia yang berobat ke Selangor, tentu kualitas pelayanan rumah sakit di sana tak perlu diragukan lagi.

Baca : Solusi Pengobatan Kanker saat Pandemi di Sunway Medical Centre, Malaysia

Destinasi Education Tourism

Dari segi pendidikan, Selangor juga memiliki rantaian perpustakaan di bawah Perbadanan Perpustakaan Awam Selangor (PPAS), serta berbagai institusi pendidikan tinggi terkemuka seperti Management & Science University (MSU). Dalam visinya, MSU bercita-cita untuk menjadi universitas global transformatif terkemuka dengan melibatkan masyarakat melalui kewirausahaan, penelitian, inovasi, dan pendidikan holistik bagi masa depan yang lebih baik.

M

***

Tiga bandara utama yang terletak di Selangor turut menjadikan negeri ini ramai dikunjungi setiap harinya. Bayangkan saja, untuk menuju ke Kuala Lumpur setidaknya wisatawan dapat masuk melalui KLIA, KLIA 2, maupun The Subang Sky Park Airport di Subang, Malaysia. Artinya, Negeri Selangor mempunyai magnet kuat dalam menjaring wisatawan terutama dari Indonesia.

Pilihan transportasi ke Selangor Malaysia

Aku sudah sangat rindu ingin berlibur ke Malaysia. Semoga kita tak perlu menunggu terlalu lama untuk dapat berkunjung ke Negeri Selangor saat perbatasan antar negara kembali dibuka. Dan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Negeri Selangor, dapat mengunjungi lama website http://selangor.travel/ ya.

Kalau teman-teman punya destinasi wisata favorit yang terletak di Selangor, yuk sharing di kolom komentar.

Yuk, silakan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s