Persiapan Traveling di Musim Dingin

Memasuki awal tahun biasanya banyak orang pergi berlibur ke berbagai tempat. Bulan November hingga Desember menjadi pilihan untuk melepaskan diri sejenak dari rutinitas yang menjenuhkan. Bagi sebagian orang yang berencana untuk berlibur di musim dingin dan ingin menyaksikan salju, tentu perlu mempersiapkan diri secara khusus dibandingkan bila ingin berlibur ke daerah tropis. Bulan November dan Desember adalah awal musim dingin bagi daerah sub tropis yang memiliki 4 (empat) musim.

Permukaan tertutup salju

Menurut pengalamanku bersama suami, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan bila ingin berlibur di musim dingin :

Mempersiapkan kondisi fisik

Hal yang paling penting bila ingin melakukan kegiatan traveling adalah mengecek kesehatan fisik   terlebih dahulu. Pastikan bahwa tubuh kita dalam kondisi yang sehat dan fit, sebab kondisi cuaca   yang dingin bisa menyebabkan beberapa gangguan misalnya alergi terhadap udara dingin dan gatal-gatal, flu serta batuk. Belum lagi penerbangan jarak jauh yang cukup melelahkan (lebih dari 10 jam) memerlukan kesiapan fisik yang prima, dan perbedaan waktu siang dan malam saat memulai penerbangan hingga tiba di negara tujuan dapat menguras stamina.

Membawa obat-obatan

Tak jarang udara yang dingin menyebabkan kondisi fisik menurun dan akhirnya jatuh sakit.       Untuk mengantisipasinya, jangan lupa bawa obat-obatan seperlunya dan vitamin yang biasa       dikonsumsi. Bila memiliki penyakit tertentu, obat-obatan berdasarkan resep dokter juga wajib       dibawa. Intinya, jangan pernah menganggap remeh hal-hal yang menunjang kesehatan.

Mengecek kondisi cuaca negara tujuan

Sebelum waktu keberangkatan tiba, biasakan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang       negara tujuan, kondisi alam, keadaan cuaca dan temperaturnya. Musim dingin juga biasa dibarengi dengan hujan, oleh sebab itu persiapkan payung kecil yang mudah dibawa-bawa.

Pakaian

Saat berlibur biasanya aku dan suami gak pernah mempersiapkan pakaian secara khusus. Tapi bila berlibur saat musim dingin, ada hal-hal yang harus dipersiapkan yaitu : Thermal Underwear atau Long John, yaitu pakaian lapis pertama yang terdiri dari baju atasan lengan panjang dan celana  panjang tipis yang dipakai sesudah pakaian dalam berukuran pas badan, fungsinya untuk menyimpan panas alami tubuh. Yang tak kalah penting adalah Winter Coat/Jacket, sebaiknya membeli jaket khusus winter yang mampu menahan dingin hingga dibawah 0 derajat Celcius. Bisa yang terbuat dari bulu angsa maupun berbahan wool. Selain itu siapkan juga Jumper, yaitu semacam               cardigan ataupun kaos berlengan panjang yang tak terlalu tipis yang akan dipakai sesudah memakai long john tadi. Benda-benda kecil lain yang penting adalah syalsarung tangankaos kaki tebaltopi kupluk dan bisa juga membawa earmuffs, yakni penutup telinga yang berbentuk mirip headphone.

Sepatu

Walaupun gak ada aturan khusus mengenai sepatu, namun sebaiknya mempersiapkan sepatu yang berbahan tahan air (supaya saat menginjak salju gak mudah basah), panjangnya mampu menutupi mata kaki (sejenis boot pendek/panjang) untuk menahan dingin dan memiliki alas yang tidak mudah licin (agar gak tergelincir).

Pelembab untuk kulit dan bibir

Udara dingin menyebabkan kulit dan bibir menjadi mudah kering, oleh sebab itu siapkan pelembab untuk keduanya. Mulai dari pelembab wajah (moisturizer), pelembab kulit (body lotion/body butter) dan pelembab khusus bibir (lipbalm). Aku pribadi membawa Vaseline lipbalm yang biasa dipakai oleh para jemaah haji/umrah.

Pakaian lengkap mulai dari topi kupluk, syal, long john, jumper, winter coat, sarung tangan, kaus kaki tebal dan sepatu boot pendek. Itupun masih dingiiiinn !

Berdasarkan pengalaman kami tidak membawa makanan dari Indonesia sebab aku dan suami udah bertekad untuk menyesuaikan lidah dengan makanan di negara tujuan. Selama makanan tersebut HALAL, tentunya gak perlu khawatir kan? Tinggal makan aja… hehehe. Kalaupun citarasanya kurang sesuai, asalkan rasanya gak ajaib pasti ketelan juga. Hitung-hitung belajar menjadi warga lokal. Walaupun sempat membawa beberapa sachet sambal, tapi hingga hari terakhir kami samasekali tak menyentuhnya. Berarti lumayan sukses menjadi warga lokal… yeaaayy !!

Dengan berbekal hal-hal diatas tadi kami berhasil melakukan perjalanan liburan pada musim dingin dengan lancar. Satu hal lagi, dalam mencari perlengkapan untuk musim dingin, beberapa item barang mungkin perlu dibeli di tempat yang khusus menjual perlengkapan untuk winter. Biasanya beberapa brand ternama juga mulai mengeluarkan koleksi musim dinginnya menjelang winter. Yang penting, buatlah semacam list agar memudahkan kita dalam mempersiapkan segala sesuatunya dan semua itu memang memerlukan budget yang tak sedikit.

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s