Cara Menjadi Travelmate yang Menyenangkan

Perjalanan yang dilakukan bersama orang yang tepat akan meninggalkan kesan yang baik plus menyenangkan. Menjadi travelmate yang menyenangkan itu sebenarnya gak terlalu sulit asal kita mampu menempatkan diri. Bukan hal yang mustahil kan, kalau satu saat teman-teman mengajak kita untuk melakukan perjalanan bersamanya. Nah, kalau kita memperhatikan beberapa hal penting seperti tips dibawah ini, pasti kita menjadi pilihan urutan teratas bila mereka ingin mengajak teman lain.

Bareng teman-teman di Cappadocia, Turkey
Bareng teman-teman di Cappadocia, Turkey

  • Memiliki kemampuan bersosialisasi

Dalam perjalanan yang dilakukan beramai-ramai tentunya kepribadian yang supel dan mudah bersosialisasi menjadi nilai tambah utama. Kalau kita mudah bersosialisasi tentunya teman-teman gak akan merasa canggung dengan kehadiran kita ditengah-tengah kelompok.

  • Mampu berkomunikasi dengan baik

Jadilah orang yang bisa diajak bicara alias komunikatif. Teman-teman tentu menginginkan seseorang yang bisa diajak untuk bertukar pikiran tentang apapun selama dalam perjalanan.

  • Tidak mudah complaint

Hal-hal yang tidak diharapkan kadang-kadang bisa terjadi. Bersikap manis dan gak bolak-balik complaint diyakini mampu membuat keadaan tetap fun bagi semuanya.

  • Bisa diandalkan di setiap kondisi

Perjalanan bersama teman-teman membutuhkan kerjasama yang baik. Jadilah orang yang bisa diandalkan, termasuk membuat rencana baru saat situasi gak berjalan sebagaimana mestinya.

  • Satukan tujuan dan menemukan minat yang sama

Bepergian bersama orang lain membutuhkan toleransi yang tinggi. Walaupun tujuan telah disepakati, belum tentu setiap orang memiliki minat yang sama terhadap sesuatu. Sebaiknya hal ini dibicarakan terlebih dahulu dengan setiap orang agar masing-masing saling mengerti apa yang disukai dan apa yang tidak disukai.

  • Mempunyai keahlian khusus

Apabila kita punya keahlian seperti mampu membaca peta, bisa berkomunikasi dengan baik dalam bahasa asing, jago dalam urusan tawar-menawar atau bahkan keahlian memotret yang mumpuni, pasti teman-teman senang mengajak kita bepergian setiap kali ada kesempatan.

  • Hanya akan melakukan perjalanan kalau memiliki budget yang sama

Secermat apapun kita mengatur rencana perjalanan, soal budget biasanya menjadi hal yang penting dalam menentukan kenyamanan bersama. Bila satu saat kita diajak untuk bepergian, sebaiknya hanya menerima tawaran bila mempunyai budget perjalanan yang sama. Bila budget gak seimbang (budget kita terlalu kecil atau bahkan terlalu besar diantara yang lainnya) biasanya membuat kita kesulitan menyesuaikan diri.

Rame-rame mengempiskan balon udara di Cappadocia
Rame-rame mengempiskan balon udara di Cappadocia

Dengan siapapun bepergian sebaiknya kita memperhatikan hal-hal tadi agar perjalanan menjadi berkesan. Kalau ingin perjalanan bersama orang lain berakhir dengan indah, jangan lupa untuk selalu mengutamakan kepentingan bersama. Nah… untuk diriku, aku sudah menemukan travelmate yang paling cocok yaitu suamiku sendiri  *teteeuup*.

Teman-teman ada yang punya tips lain? Boleh dong sharing di kolom komentar.

14 thoughts on “Cara Menjadi Travelmate yang Menyenangkan

    • Setuju… memang gak harus sama persis juga budgetnya, kira-kira kisaran budgetnya hampir sama juga udah nyaman. Bukan apa-apa, kalo ketemu yang budgetnya jauuuh lebih rendah dari kita khawatirnya ntar semua serba diirit (padahal mungkin kita gak se-irit dia), atau kalo budget temen jauuuh lebih gede… nah kita yang repot ngikutin style-nya dia. Gitu kira-kira… hehehe.

      Like

      • Iya loh… kalo nemu temen seperjalanan yang sama minat dan tujuannya, itu anugerah namanya… hehehe. Kalo sekedar “teman jalan-jalan” mudah dapatnya, cari yang sehati yang susah… hahaha. Apalagi kalo hobi fotografi kayak mimin ini, kalo gak dapet temen sehobi… rasanya ada yang kurang di perjalanan… hehehe. *sok tau aku

        Like

    • Kalo ada kesepakatan memang sebaiknya dibicarain dulu sebelum jalan, biar clear dan sama-sama nyaman. Semisal udah deal sama temen-temen, nah baru tinggal jalan deh.. hehehe. Yang bahaya kalo gak sepakat, nanti ujung-ujungnya ngedumel (atau malah kapok).. hahaha.

      Like

  1. Yuppp, seru banget travelling bareng teman,… so kita kapan traveling bareng-bareng, Kak?

    Yah, kak molly pake wordpress yah? Namaku pasti berubah deh dari Rinrin me Nyi Rinrin again.. hihihi

    Like

    • Supaya acara traveling-nya seru memang kudu dapetin temen jalan yang ok punya. Kalo temen jalannya gak pas, bakal manyun deh… hihihi. Hayuuuk… kapan kita kemana Rin? *buat seru-seruan.
      Eh iya… wordpress bikin tampilannya jadi Nyirinrin… hehehe… gak bisa diubah lagi itu Rin? Aiih… si eneng ;).

      Like

  2. Banyak orang yang suka travelling. Namun, suka travelling dan berbagi cerita tentang travelling merupakan suatu hal yang luar biasa. Dan itulah Travel Blogger.

    Like

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s