10 Manfaat dari Kegiatan Traveling

10 Manfaat dari Kegiatan Traveling — Traveling kini menjadi sebuah kegiatan yang amat digemari oleh banyak kalangan. Kegiatan ini dipercaya dapat membawa kita pada suasana baru dan mendapatkan pengalaman berharga. Sebagian orang masih menganggap traveling adalah pemborosan. Padahal kegiatan ini bukan semata-mata menghamburkan uang tanpa alasan. Adapula sebagian orang yang merasa tak perlu repot-repot traveling. Mereka lebih asyik menghabiskan waktu luangnya dengan bersantai di rumah. Pernahkah kita memikirkan bagaimana saat kita tua nanti? Apa rasanya kalau gak pernah merasakan sensasi traveling itu sendiri? Kalau untukku pribadi, aku bakalan menyesal banget kalau saat masih berusia muda jarang melakukan perjalanan. jendela pesawat Sebenarnya apa sih manfaat dari traveling? Manfaat nyata yang aku rasakan sendiri antara lain :

  • Menjadi manusia yang lebih bersyukur

Melakukan sebuah perjalanan membuat kita memiliki kesempatan untuk menikmati momen keindahan maupun momen yang kurang mengenakkan. Menikmati keindahan ciptaan Tuhan menjadi salah satu momen keindahan yang bisa kita peroleh yang harus disyukuri. Pengalaman mahal harganya ! Saat traveling berarti kita telah diberikan Tuhan sebuah kesempatan untuk bersenang-senang (mungkin gak semua orang bisa merasakannya) dan ini adalah anugrah yang patut disyukuri.

  • Pengetahuan umum bertambah

Sebelum melakukan perjalanan biasanya kita membuat riset kecil-kecilan untuk mencari informasi tujuan wisata kita. Mulai dari informasi penerbangan, penginapan, transportasi, kondisi negara dan kota tujuan, kebiasaan yang berlaku, hingga tentang sejarahnya. Ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang sesuatu yang belum kita ketahui. Aku biasa mencari informasi dari membaca buku, browsing internet, atau bahkan bertanya pada orang lain yang pernah punya pengalaman berada disana  *cara yang terakhir ini sangat efektif loh. Dengan demikian secara gak langsung pengetahuan umum kita akan bertambah sebab kita akan mempelajari hal baru.

  • Mengubah cara pandang terhadap sesuatu

Seiring dengan seringnya melakukan perjalanan, kita akan terbiasa berhadapan dengan hal-hal tak terduga. Saat keadaan tak sesuai rencana awal, kita harus mampu beradaptasi. Kita juga memiliki cara pandang yang berbeda dalam melihat suatu persoalan. Pikiran akan semakin terbuka terhadap hal-hal baru. Lebih dari itu, kita menjelma menjadi orang yang lebih fleksibel.

  • Berkesempatan melihat sisi lain kehidupan

Traveling membawa kita menjelajahi setiap jengkal tempat di bumi ini. Dalam perjalanan, kita akan melihat banyak sekali keindahan yang bahkan gak pernah dibayangkan sebelumnya. Menyaksikan matahari terbit di negara/kota lain, merasakan suhu udara yang berbeda dari tempat asal kita, serta mengamati karakter dan perilaku warga lokal adalah suatu kenikmatan tersendiri.

  • Menaklukkan ketakutan dalam diri sendiri

Dalam melakukan hal baru tak jarang orang mengalami rasa cemas akan sesuatu yang gak diketahuinya. Terus berada dalam comfort zone dimana kita ada di lingkungan yang sudah kita kenali dengan baik berikut dengan teman-teman serta keluarga, membuat kita gak akan kemana-mana. Traveling “memaksa” kita untuk berani menghadapi tantangan. Kekhawatiran yang ada dalam diri kita perlahan akan sirna berganti dengan rasa percaya diri yang tinggi.

  • Kesempatan berinteraksi dengan orang baru/warga lokal

Bertemu dengan hal yang sama terus-menerus tentu rasanya membosankan ya? Begitu juga rasanya bila setiap hari kita menjumpai orang yang itu-itu juga  *eh sama suami sendiri gak bosan loh*. Nah, traveling memberi kita kesempatan untuk merasakan hal baru dan berinteraksi dengan orang baru. Saat berkunjung ke kota/negara lain, kita bertemu dengan orang yang berbeda-beda. Mengenal orang baru bisa memberikan pelajaran hidup. Obrolan ringan saat membeli makanan ataupun saat menanyakan petunjuk arah merupakan latihan untuk mengenali beragam sifat dan karakter manusia di belahan bumi lain.

  • Kesempatan mencicipi kuliner lokal

Walau aku dan suami bukan penggemar kuliner sejati, namun kami tak pernah melewatkan kesempatan mengunjungi pasar untuk sekedar mencicipi kuliner lokal yang banyak dijual disana. Kami juga mencicipi street food yang ada di setiap kota maupun negara yang kami singgahi. Asal halal, bersih dan bukan kuliner ekstrim mudah-mudahan bisa dimakan… hehehe. Dalam mencicipi kuliner lokal prinsipnya adalah jangan takut mencoba, tapi juga jangan punya ekspektasi terlalu tinggi  *nanti takut kecewa. Toh citarasa setiap makanan belum tentu bisa diterima baik oleh lidah kita kan? Prinsipnya, yang penting udah tau gimana rasanya… hehehe.

  • Bisa mengoleksi souvenir khas setempat

Kota-kota maupun negara yang kerap didatangi ribuan turis biasanya punya aneka jenis souvenir yang lucu dan unik. Ada yang murah dan ada juga yang mahal. Rasanya menyenangkan sekali bisa memilih-milih sendiri jenis souvenir yang kita mau secara langsung di negara asalnya. Aku senang membeli souvenir untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Salah satu souvenir yang selalu aku beli adalah magnet kulkas. Lumayan kan untuk nambah-nambah koleksi… hehehe.

  • Merekatkan hubungan dengan pasangan

Karena aku selalu traveling berdua dengan suami, otomatis itu menjadi acara bulan madu yang kesekian kalinya. *cieeeee*. Kami selalu meng-agenda-kan traveling ini paling tidak setahun sekali (kalau bisa lebih ya Alhamdulillah). Itu adalah saat yang paling ditunggu-tunggu sebab traveling memberikan kebebasan, meninggalkan rutinitas yang menjenuhkan dan menjalin kekompakan serta kedekatan dengan pasangan. Momen yang sangat berharga melebihi sejumlah uang yang dikeluarkan.

  • BIsa berbagi cerita dan pengalaman sekaligus menginspirasi

Dengan melakukan perjalanan demi perjalanan, pengalaman kita semakin bertambah. Aku gak mau menjadi orang yang hanya menikmati pengalaman indah itu sendiri. Keinginan untuk berbagi pengalaman dengan orang lain aku tuangkan dalam tulisan perjalanan di blog pribadi ini. Kadangkala kita gak sadar, cerita yang menurut kita biasa aja ternyata ada orang yang tertarik membacanya. Kisah perjalanan dan info wisata menjadi hal penting bagi siapapun yang ingin memulai sebuah perjalanan. Melalui tulisan kita juga bisa menginspirasi orang lain agar tak ragu melangkahkan kakinya untuk menggapai impian menuju tempat-tempat indah di dunia.

screenshot
Salah satu screenshot komentar dari pembaca blogku yang terinspirasi ingin ke Turki (komentar ada di blog terdahuluku mollyta.weebly.com)

Hal-hal diatas tadi adalah 10 manfaat dari kegiatan traveling yang aku rasakan secara langsung. Kalian masih ragu untuk melakukan perjalanan? Kalau ada yang merasakan manfaat lain boleh di-share di kolom komentar ya…

If you wish to travel far and fast, travel light. Take off all your envies, jealousies, unforgiveness, selfishness and feras — Cesare Pavese

Advertisements

20 thoughts on “10 Manfaat dari Kegiatan Traveling

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s