Medan Napoleon: Oleh-Oleh Kota Medan Dengan Kejutan Rasa Unik

Medan Napoleon: Oleh-Oleh Kota Medan Dengan Kejutan Rasa Unik — Tinggal di kota Medan yang terkenal dengan keragaman kulinernya membuat aku bangga sebagai warga Medan. Ya, Medan adalah kota yang tepat untuk berburu aneka kuliner lezat. Berbagai pilihan ada di sini. Bila berkunjung ke kota Medan, tak lengkap rasanya bila tidak membawa oleh-oleh khasnya. Medan Napoleon, oleh-oleh paten kota Medan, yang halal dan kekinian dari Irwansyah menjadi sebuah alternatif oleh-oleh yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Medan Napoleon Oleh-oleh kota Medan
Outlet Medan Napoleon

Baru-baru ini aku menghadiri undangan soft opening dari Medan Napoleon. Saat pertama kali mendengar nama itu, pikiranku langsung melayang ke panganan khas yang berasal dari Eropa, Napoleon Cake. Dessert unik ini terdiri dari tumpukan lapisan pastry tipis yang diselingi oleh cream manis. Kira-kira bakal mirip seperti ini juga ngga, ya?

 

Hari Minggu tanggal 18 September lalu aku bergegas menuju lokasi acara. Sebenarnya aku hadir agak terlambat dari jadwal, mengingat paginya aku harus merias wajah seorang klien terlebih dahulu. Tiba di tempat acara sekitar pukul 09.45 Wib, ternyata suasana masih belum ramai dan acara belum dimulai. Ada 3 orang teman yang telah lebih dulu hadir di sana.

Outlet Medan Napoleon di Wahid Hasyim
Lokasi acara
Soft Lauching Medan Napoleon
Wefie gembira sebelum acara dimulai

Seluruh undangan dipersilahkan untuk registrasi ulang di tempat yang telah disediakan. Masing-masing lalu diberi semacam kupon yang nantinya harus diisi usai acara.

 

Menjelang pukul setengah sebelas siang, undangan dipersilahkan masuk ke dalam ruangan yang diperuntukkan bagi penyelenggaraan acara. Sebuah panggung mini berlatar belakang poster Medan Napoleon dan 4 buah kursi kayu diletakkan di depan.

 

Di sisi kiri telah tersedia beberapa piring saji yang berisi potongan cake berbagai rasa. Beberapa buah cangkir keramik putih dan sebuah piring berisi potongan buah juga turut diletakkan di sana.

Lima varian rasa Medan Napoleon cake
Potongan cake di atas piring saji
Potongan buah segar
Potongan buah segar

Naluriku sebagai blogger mengatakan bahwa cake tadi harus difoto terlebih dahulu. Setelah meminta izin, aku dan beberapa teman lainnya langsung mengeluarkan kamera dan smartphone untuk memotretnya. Potongan cake langsung dihujani jepretan dari berbagai angle oleh kamera fotografer amatir seperti kami. Hahaha.

Memotret Medan Napoleon Cake
Memotret cake-cake cantik

Tak lama kemudian acarapun dimulai. Walau sedikit terlambat dari yang dijadwalkan, namun keceriaan para undangan tidak berkurang. Sesosok pria kece yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul juga di hadapan. Irwansyah, seorang artis ibukota hadir di tempat ini! Ia hadir bukan sebagai artis pendukung acara, melainkan sebagai owner dari bisnis kuliner Medan Napoleon.

 

Irwansyah dan Bisnis Kuliner Medan Napoleon

Acara  dipandu oleh duo MC kocak dan berlangsung sangat meriah. Sesekali mereka mengeluarkan celetukan khas Medan. Irwansyah sendiri bahkan menjadi sasaran guyonan mereka berdua. Selama acara berlangsung pengunjung yang hadir juga sibuk melakukan LiveGram untuk merekam keceriaan yang ada.

Irwansyah di Medan Napoleon
Budi (MC) dan Irwansyah
Soft Launching Medan Napoleon bersama Irwansyah
Duo MC bareng Irwansyah

Banyak yang bertanya-tanya mengapa seorang Irwansyah membuka bisnis oleh-oleh di kota Medan. Ia menuturkan bahwa pada awal mulanya ide tersebut muncul dari kecintaannya pada rasa buah durian. “Soal rasa, belum ada yang mengalahkan enaknya rasa durian Medan” ungkapnya. Ia lantas berpikir mengapa tidak membuka sebuah usaha kuliner dengan bahan dasar durian tadi langsung di kota penghasilnya, yakni Medan.

Irwansyah di acara soft launching Medan Napoleon
Duduk di barisan depan jadi puas motret yang kece
Irwansyah owner dari Medan Napoleon
Dari angle manapun selalu ganteng!

Dalam menjalankan bisnisnya, Irwansyah juga didampingi oleh seorang partner yakni Suratno. Pria berambut cepak ini memang asli anak Medan. Dibantu oleh pastry chef yang berasal dari Batam dan Jakarta, Napoleon Cake dibuat dan diolah dengan berbagai varian rasa yang menggugah selera.

Irwansyah dan Suratno pemilik Medan Napoleon
Irwansyah dan mas Suratno

 

Hadir Dalam 5 Varian Rasa

Medan Napoleon menciptakan cake dalam 5 varian rasa. Ada Banana Crezy, Caramel, Cheese, Green Tea, dan satu lagi yang istimewa yaitu rasa Durian. Cake cantik ini berbentuk persegi panjang dan berukuran 25 x 9 cm. Untuk saat ini hanya tersedia satu ukuran saja.

 

Napoleon Cake ala Irwansyah menampilkan puff pastry dalam layer-layer tipis dan selai homemade dari sang pastry chef yang dibalut dengan soft cake. Siang itu, Irwansyah sendiri yang langsung menyajikan piring berisi potongan cake kepada setiap pengunjung di dalam ruangan.

Napoleon cake rasa durian
Potongan cake di atas piring saji

Ketika mencobanya pertama kali, varian rasa Durian yang aku cicipi memberikan sensasi rasa yang unik. Lembut sekaligus agak crunchy. Komposisi tiap rasanya terasa pas di lidah. Tekstur yang berlapis-lapis memberikan kombinasi rasa yang tak biasa. Entah kenapa aku langsung suka! Padahal biasanya aku tidak terlalu doyan dengan durian. Namun varian rasa durian yang satu ini sungguh berbeda. 

Napoleon cake rasa Durian
Napoleon Durian (IDR 55.000)
Napoleon cake rasa cheese
Napoleon Cheese (IDR 55.000)
Napoleon Green Tea
Napoleon Green Tea (IDR 55.000)
Napoleon Banana Crezy
Napoleon Banana Crezy (IDR 52.000)
Napoleon rasa Caramel
Napoleon Caramel (IDR 52.000)

Napoleon Cake dibuat dari bahan-bahan berkualitas tanpa menggunakan pengawet. Jadi benar-benar aman untuk dikonsumsi. Karena tidak menggunakan pengawet maka cake tersebut tidak bisa terlalu lama disimpan. Untuk Caramel dan Green Tea bisa bertahan selama 4 hari, sedangkan Banana Crezy, Durian, dan Cheese hanya tahan disimpan selama 3 hari.

 

Pengumuman Pemenang LiveGram

Usai mencicipi cake, tibalah saatnya pengumuman pemenang LiveGram. Budiawan selaku MC membacakan akun Instagram pemenangnya. Pertama-tama, temanku Ririn Wandes Lubis berhasil mendapatkan sebuah kaos dari Medan Napoleon. Lalu disusul dengan pemenang berikutnya yakni Andru Kosti yang mendapatkan sebuah mug cantik.

Pemenang livegram di Medan Napoleon
Pemenang LiveGram
Pemenang livegram di soft launching Medan Napoleon
Ini ngapain sebenarnya?

Sewaktu memilih pemenang LiveGram selanjutnya entah kenapa kedua MC tadi sengaja mengulur-ulur disertai gaya bercandanya yang khas. Lalu akhirnya mereka menyebutkan akun Instagram yang dipilih sebagai pemenang berikutnya. Eh, ternyata aku menang! Alhamdulillah. Langsung saja aku didaulat untuk maju ke depan dan menerima hadiah setelah sebelumnya harus bergaya foto tanpa senyum. Halaah!

Menang lomba livegram di Medan Napoleon
Yak, di scroll aja terus kakaaaa
Di acara soft launching Medan Napoleon
Pose apa inih!

 

Outlet Medan Napoleon

Medan Napoleon Cake nantinya akan tersedia di outlet Wahid Hasyim pada tanggal 30 September 2016 mendatang. Jadi harap bersabar dulu, ya. Saat ini mereka tengah mempersiapkan segala sesuatunya agar kelak oleh-oleh tersebut bisa dinikmati oleh para pengunjung.

 

Untuk sementara, penjualan Napoleon Cake hanya melalui outlet Wahid Hasyim saja. Belum tersedia secara online. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama lagi bisa dibeli secara online.

 

 

Sebelum meninggalkan tempat, para undangan diberikan sekotak Napoleon Banana Crezy untuk dibawa pulang berikut dengan Napoleonista Member Card yang berlaku selama 1 tahun. Setiap berbelanja di outletnya, kita akan memperoleh sejumlah poin yang nantinya bisa ditukarkan dengan merchandise serta mendapatkan penawaran istimewa di setiap promo lainnya.

 

Bisnis kuliner memang selalu menarik dan penuh tantangan. Diperlukan keseriusan dan inovasi secara terus-menerus agar tetap mendapat tempat di hati para penikmatnya. Dan Napoleon Cake hadir di kota Medan untuk meramaikan pilihan oleh-oleh yang dapat dibawa pulang ke tempat asal.

 

Terima kasih Medan Napoleon atas undangan icip-icipnya. Semoga sukses!

Foto bersama Irwansyah di Medan Napoleon
Foto bareng dulu, dong
Foto bersama di acara soft launching Medan Napoleon
Foto lagi sebelum bubar

 

Napoleon Cheese
Sumber : Medan Napoleon
Napoleon Green Tea
Sumber : Medan Napoleon
Napoleon Durian
Sumber : Medan Napoleon

 

Outlet Medan Napoleon

Jl. Wahid Hasyim no.46/35 (samping Chirurgie Cafe) Medan

Ph. 061-88814431

Instagram: @medannapoleon

 

*Foto-foto dengan watermark diambil menggunakan kamera mirrorless Fujifilm XM-1 35mm dan smartphone Samsung Galaxy S6 (semua di-resize)

 

53 thoughts on “Medan Napoleon: Oleh-Oleh Kota Medan Dengan Kejutan Rasa Unik

  1. Mendengar namanya tadi sempat terheran-heran mba. Napoleon hikzzz lansung terbayang seorang Panglima angkatan laut yang tangguh dari Prancis di era 1800-an

    Ternyata kenya lebih tangguh πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ jika ada waktu luang main-mainlah ke lombok mba. Salam.

    Like

  2. Ya Tuhan, lama nggak blogwalking terus salah masuk rumah. Kenapa harus lihat cake seenak ini aku, mbak? Salahku apa? πŸ˜€ semoga Napoleon segera hadir di Surabaya. Penasaran banget aku.

    Like

    • Ga salah mbaaaa… hihihi, kasih selamat sekali lagi ah, sama pengantin baru ;). Kayaknya cuma bakal ada di Medan aja mba Riska, soalnya ini jadi oleh-oleh khas Medan :D.

      Like

  3. Waah bang irwan rupanya, jadu nambah kuliner yg manis-manis di medan nih. Btw itu napo greentea bikin ngiler mba hehe

    dolinafatitela.blogspot.co.id

    Like

  4. Emang klu blogwalking ke blog kak molly ini efeknya kalau gak dapet ilmu baru sambil manggut2, ya ngiler pastinyaπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

    Btw, Karena baru coba 3 rasa, durian, caramel n green tea, Tiwi sih paling suka yg green kak Molly.

    Liked by 1 person

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s