Peralatan Dapur Bersih Terawat Bersama Scotch-Brite

Peralatan Dapur Bersih Terawat Bersama Scotch-Brite — Sebagai seorang ibu rumah tangga, setiap bulan aku bertugas untuk membuat daftar belanja. Biasanya aku dan suami menyediakan waktu untuk berbelanja pada akhir minggu. Berbagai keperluan rumah tangga dan pribadi tertera dalam daftar belanjaan tadi.

Peralatan Dapur Bersih Terawat Bersama Scotch-Bride

Kami berdua termasuk orang yang tidak terlalu sering mampir ke supermarket. Oleh sebab itu, dalam kesempatan belanja bersama, kami langsung membeli semua keperluan untuk kebutuhan satu bulan. Salah satu keperluan rumah tangga yang kerap memenuhi keranjang belanja adalah hal-hal yang berhubungan dengan keperluan dapur. Mulai dari bahan makanan, hingga produk-produk pembersih dapur.

 

Saat berbelanja di supermarket, aku melihat ada beberapa pilihan sabut pencuci peralatan masak dari berbagai merk. Namun sejak dulu almarhumah mama selalu menggunakan sabut spons Scotch-Brite di dapur rumahnya. Berbekal dari pengalaman beliau, akupun mulai menggunakannya di rumah kami sejak beberapa tahun yang lalu.

 

Walau tidak rutin memasak setiap waktu, kegiatan membersihkan dapur menjadi prioritas utamaku setiap hari. Oleh sebab itu, aku tak pernah menunda untuk mencuci bersih peralatan masak sehabis digunakan. Rasanya risih kalau melihat semua menumpuk kotor begitu saja.

 

Mencuci peralatan masak bertujuan untuk menghilangkan noda dan sisa makanan, serta membersihkannya dari kemungkinan timbulnya kuman dan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Namun kegiatan membersihkan dapur dan mencuci peralatan masak serta alat-alat makan terkadang cukup menguras tenaga dan menghabiskan waktu. Hal ini kerap dialami oleh para ibu, termasuk juga aku.

 

Membersihkan peralatan memasak tidak sulit, asalkan melakukan hal-hal ini terlebih dahulu :

  1. Membuang sisa makanan pada peralatan memasak maupun piring makan. Lalu basuh dengan air seperlunya agar sisa noda dan minyak larut bersama air.
  2. Pisahkan peralatan memasak dengan alat-alat makan yang hendak dicuci. Utamakan mencuci gelas terlebih dahulu agar tidak berbau amis.
  3. Untuk peralatan yang terbuat dari plastik, taburi dengan bubuk pembersih secukupnya dan tetesi dengan sedikit cairan pembersih/pencuci piring. Cara ini akan memudahkan kita untuk menghilangkan bekas minyak yang sulit dibersihkan.
  4. Bagian dalam  wajan dan panci bekas memasak hendaknya direndam dahulu dengan air agar nodanya lebih mudah untuk dibersihkan.

 

Untuk keperluan mencuci peralatan memasak dan alat-alat makan tadi, Scotch-Brite menyediakan 2 jenis sabut spons yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Penting bagi kita untuk memahami pemakaian sabut spons yang tepat untuk memudahkan dalam mencuci.

Sabut Spons Hijau Scotch-Brite (ID-30)

Sabut spons hijau untuk membersihkan alat masak

Hadirnya Sabut Spons Hijau Scotch-Brite untuk mencuci alat masak menjawab kebutuhan para ibu rumah tangga agar bisa mencuci dengan lebih menyenangkan. Tentu dapat dibayangkan betapa repotnya membersihkan sisa-sisa noda pada peralatan masak. Belum lagi terkadang noda membandel yang sulit dibersihkan tertinggal pada permukaan alat masak. Pasti jengkel, kan?

 

Sabut spons ini menjadi istimewa karena sabut mengandung serat dan mineral berkualitas. Berukuran 100mm x 75mm x 30 mm, ia terasa pas digenggam saat mencuci. Berbentuk seperti huruf S sangat memudahkan kita membersihkan hingga ke sudut. Ia memiliki dua sisi yang berbeda warna. Cara memakainya mudah, tinggal basahi sabut spons dengan air dan bubuhkan cairan pembersih pada sisi berwarna kuning. Lalu tekan-tekan spons supaya berbusa. Untuk membersihkan permukaan alat masak gunakan sisi warna hijau agar bersih maksimal.

 

Permukaan spons yang halus mampu membersihkan peralatan masak dari noda membandel dengan mudah dan cepat. Tak perlu khawatir karena sabut spons tersebut didesain agar tidak menggores peralatan masak. Hasil cucian dan ketahanan sabut sponsnya 3x Cepat Bersih, 3x Tahan Lama.

Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite (ID-37)

Sabut spons anti-gores Scotch-Bride untuk mencuci alat makan dan alat masak teflon/anti-lengket

Selain jenis di atas, aku juga biasa menggunakan sabut spons lainnya. Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite untuk mencuci alat makan dan alat masak teflon/anti-lengket dengan ukuran 109mm x 86mm x 30mm ini dipercaya dapat bekerja maksimal.

Sabut spons anti-gores untuk membersihkan alat masak teflon/anti-lengket

Sabut spons berwarna kuning-oranye dengan dua sisi tersebut dapat membersihkan alat-alat makan kesayangan seperti piring, sendok/garpu/pisau  tanpa takut tergores. Begitu pula dengan alat masak berbahan teflon yang rentan terhadap goresan bila tidak hati-hati saat membersihkannya.

 

Aku suka sekali dengan bentuk sabut spons yang ergonomis tadi karena nyaman untuk dipegang dan digunakan. Kualitasnya juga terjamin sebab sabut dibuat dengan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran.

 

Kedua jenis sabut spons yang biasa aku gunakan tadi juga mudah untuk dibersihkan. Sabut spons diberi cairan pencuci piring lalu diremas-remas di bawah keran air sampai busanya hilang. Setelahnya rendam dalam air panas selama 5-10 menit saja. Angkat dan peras airnya sampai kering. Jemur sabut spons tadi di bawah sinar matahari hingga mengering.  Agar lebih awet dan bentuknya tidak lekas lepek, sabut spons Scotch-Brite juga harus dibersihkan dan dirawat, kan?

3 cara merawat sabut spons Scotch-Bride
Sumber : Britequeen.com

Sabut spons Hijau dan sabut spons Anti-Gores Scotch-Bride

Sejak menggunakan kedua jenis sabut spons Scotch-Brite ini aku bisa dengan mudah membersihkan peralatan masak dan peralatan makan di dapur. Ngga perlu ngomel lagi karena enggan mengerjakannya. Menurutku sih, intinya para ibu harus menggunakan sabut spons yang tepat sesuai jenis peralatannya untuk hasil bersih terawat. Sekarang, mencuci peralatan di dapur jadi lebih menyenangkan!

 

Buat yang masih penasaran, informasi lengkap dan berbagai tip seputar dapur bisa dilihat di :

  • britequeen.com
  • facebook.com/ScotchBrite.Indonesia 

 

 

*Foto-foto dengan watermark diambil menggunakan kamera mirrorless Fujifilm X-M1 27mm (semua di-resize).

 

 

 

72 thoughts on “Peralatan Dapur Bersih Terawat Bersama Scotch-Brite

  1. kalau daku kegiatan nyupir (nyuci piring) dan alat-alat masak memang kalau produk pembersihnya kurang oke bisa bikin mood nyupirnya ilang.
    pakai scotch brite mood nyupirnya bakal tetap stabil keknya ya kak hehehhehe

    Like

    • Kalau untuk alat-alat makan/minum bisa pakai sabut spons yang warna oranye-kuning, mba. Biar gelasnya ngga cepet gadel. Noda teh nya bisa dibersihkan pake baking soda. Hehehe😀.

      Like

    • Dulu pernah pake yang mirip jala ikan gitu, Mel. Lama-lama kok enakan yang model spons. Iya siy jangan sampe keburu lonyot, ngga keluar busanya biar dipencet-pencet juga. Hehehe😀

      Like

    • Thanks, mba Dewi. Aku seneng motret, tapi belum pinter-pinter juga. Hahahaha😂. Belakangan aku pake si Fujifilm ini, so far puas sama hasilnya. Dulu sempet pake mirrorless nya Sony😊.

      Like

    • Sony bagus, Fujifilm bagus juga. Tempo hari ganti merk karena lensa Sony ternyata muahal-muahal bangeeet! Ya maksudnya dibandingin sama si Fuji😊. Aku pake Sony yang low entry nya kok, mba. Tapi puas siy sama performanya. Hihihi.. iya aku juga seneng ngobrol sama yg demen motret gini😀. Sayangnya mba Dewi jauuuh. Hahahaha😂

      Like

  2. Oh gitu yaaa…aku kendala di DSLR ini berat itu aja..mana kalau mau traveling, bisa remuk bahuku..makanya kepengen beli mirorles…..eh aku kan bisa mudik…:D lah mbaknya asala mana sih?

    Like

    • DSLR bagus cuma berat aja buat dibawa-bawa siy, mba. Ya kecuali motret buat tujuan komersil, jadi mau ngga mau harus. Hehehe. Ganti ke mirrorless lebih praktis deh, aku aja biasa masukin ke pouch trus langsung jeblosin dalam handbag saking kecilnya😀. Mba Dewi mudiknya kemana? Aku stay di Medan nih😊.

      Like

  3. Thankyuuu mbak, saya baru tahu kalo spons ga boleh buat nyuci sisa kaldu daging…. Oke banget artikelnya, ga fokus jualan karena sponsored tapi banyak materi2 yang nambah pengetahuan juga🙂

    Liked by 1 person

  4. Aku juga pakai scotch brite di rumah, udah sejak dulu. Peralatan jadi bersih kinclong ya. Ada yg merah muda juga buat nyuci gelas/botol minum.

    Like

    • Sabutnya itu juga khusus sebetulnya mba. Khusus untuk nyucinya. Kalo yang sponsnya untuk ngebantu supaya mudah berbusa. Kalo pake sabut spons yang tepat siy ngga bakal ngerusak alat-alat makan kita🙂.

      Like

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s