My Blue Bird: Aplikasi Pintar Dengan Fitur Pembayaran Non-Tunai

My Blue Bird: Aplikasi Pintar Dengan Fitur Pembayaran Non-Tunai  — Kamis pagi tanggal 13 Oktober 2016 lalu aku bergegas menuju Bel Mondo Cafe Medan. Dengan menumpang taksi Blue Bird, aku tiba di lokasi sekitar pukul 09.20 Wib. Beberapa hari lalu Mbak Wulan dari Blue Bird Jakarta sempat menghubungiku melalui Whatsapp untuk memberikan undangan acara Launching Fitur Non-Tunai My Blue Bird di Medan.

My Blue Bird Experience Jelajah Kota Kita
My Blue Bird Experience Jelajah Kota Kita

Setibanya di lokasi, seluruh peserta melakukan registrasi ulang sebelum memasuki ruangan acara. Karena hari masih relatif pagi, Bel Mondo Cafe telah menyediakan breakfast buffet untuk dinikmati.

Breakfast buffeet pada acara Launching fitur pembayaran non tunai My Blue Bird
Breakfast Buffet
Launching pembayaran non tunai aplikasi My Blue Bird di Medan
Para peserta mulai berdatangan
Sarapan di acara Blue Bird di Medan
Sarapan (lagi)

Menjelang pukul 10.00 Wib teman-teman media dan blogger mulai memenuhi ruangan. Sambil menunggu acara dimulai, peserta pun menikmati hidangan pagi yang nikmat. Aku menghabiskan hidangan di atas piringku sambil men-download Aplikasi My Blue Bird di smartphone ku. Aku kerap menggunakan taksi Blue Bird untuk mengantarkanku ke tempat tujuan. Namun selama ini aku hanya memesannya melalui panggilan telepon.

 

Berdiri sejak tahun 2001, PT Blue Bird Tbk merupakan perusahaan terbuka di bidang transportasi penumpang dan jasa pengangkutan darat. Perusahaan ini memiliki 15 anak perusahaan dan tersebar di 18 lokasi di Indonesia (Jadetabek, Cilegon, Medan, Manado, Bandung, Palembang, Padang, Pangkalpinang, Bali, Lombok, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Makassar, Balikpapan, Solo, dan Yogyakarta).

 

Blue Bird berkomitmen untuk memberikan pelayanan transportasi darat yang aman, andal dan nyaman dengan kemudahan akses bagi para pelanggan. Untuk itu, Blue Bird meluncurkan sistem pembayaran Non-Tunai (Cashless) di aplikasi My Blue Bird. Melalui fitur terbaru ini, masyarakat Medan kini dapat melakukan pembayaran melalui Blue Bird eVoucher, kartu kredit dan kartu debit.

 

Launching Fitur Pembayaran Non-Tunai Aplikasi My Blue Bird di Medan bertajuk My Blue Bird Experience Jelajah Kota Kita. Acara ini dipandu oleh seorang MC cantik yang mengenakan kostum berwarna biru.

20161013_101634
Acara dipandu oleh MC

Ibu Asri Winarni selaku General Manager Blue Bird Pool Medan menjelaskan berbagai kemudahan yang diberikan oleh aplikasi My Blue Bird. Pelanggan akan lebih mudah dan nyaman saat pemesanan taksi karena bisa melihat taksi terdekat di sekitar kita, bisa melakukan lebih dari satu pemesanan dan untuk keesokan harinya.

Ibu Asri Winarni selaku General Manager Blue Bird Pool Medan
Penjelasan oleh Ibu Asri Winarni

Jangan khawatir, sebab estimasi argo juga tertera dan rute perjalanan bisa terlihat. Pelanggan juga dapat melakukan tracking dan call driver, menilai langsung pelayanan pengemudi serta menerima bukti pembayaran melalui email. Pelanggan yang ingin membayar secara non-tunai akan menerima Passcode unik yang harus diinformasikan kepada pengemudi sesaat sebelum perjalanan. Gunanya untuk memastikan taksi kita sudah sesuai order dan demi keamanan pelanggan tentunya. Toh kita tentu tidak ingin akun non-tunai kita dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, kan?

 

Fitur pembayaran non-tunai yang diperkenalkan pada kesempatan kali ini merupakan jawaban dari berbagai masukan pelanggan dan sebagai solusi untuk memberikan benefit transportasi bagi karyawannya. Blue Bird eVoucher memungkinkan pelanggan korporat mengelola kebutuhan transportasinya dengan mudah, mulai dari alokasi eVoucher hingga memonitor penggunaannya.

 

Khusus pemegang kartu kredit BNI, kartu kredit dan debit Mandiri, serta semua kartu kredit berlogo Mastercard dapat menikmati diskon hingga Rp 20.000 selama periode promo. Caranya juga mudah, tinggal memasukkan kode promo MYBBPROMO saat memesan taksi. Promo yang berlaku untuk 5 kali perjalanan ini berlaku di wilayah Jabodetabek, Medan, Semarang, Surabaya, Bandung, dan Bali.

 

Usai memberikan penjelasan mengenai aplikasi My Blue Bird, kini saatnya untuk Jelajah Kota Medan! Acara ini digelar untuk memberikan pengalaman menggunakan aplikasi My Blue Bird, mulai dari pemesanan taksi hingga pembayaran dengan menggunakan fitur non-tunai. Seluruh peserta yang terdiri dari awak media dan blogger dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu kelompok terdiri dari 4 orang yang harus melewati aneka permainan dan tantangan. Wah, bakal seru banget nih! Serasa Amazing Race ala-ala. Hahaha.

 

Mekanismenya adalah setiap kelompok harus menggunakan aplikasi My Blue Bird dan mencoba beberapa fitur seperti :

  1. Booking Taxi & Tracking Driver (untuk pemesanan awal menggunakan aplikasi)
  2. Share My Journey (saat road trip, peserta diminta mengirimkan lokasinya melalui fitur tersebut)
  3. Advance Booking (pemesanan taksi selanjutnya di lokasi terakhir untuk mengantar ke finish)
  4. Cashless Payment (menggunakan eVoucher untuk pembayaran taksi Blue Bird)

 

Masing-masing kelompok oleh panitia dipinjamkan sebuah tablet berikut paket data untuk permainan ini. Selanjutnya setiap kelompok diberikan nama oleh panitia. Aku beserta Yoga, Salim, dan Wina selanjutnya disebut sebagai Tim Blue Bird. Peserta diberikan waktu 90 menit untuk mendatangi 4 spot icon di Medan untuk mengumpulkan nilai.

 

Dengan sedikit terbata-bata kami mulai menggunakan aplikasi My Blue Bird yang diawali dengan memesan taksi untuk membawa kami ke tujuan pertama yakni Istana Maimoon.

Tim Blue Bird Jelajah Kota pakai aplikasi My Blue Bird
Tim Blue Bird
Menumpang taksi menggunakan aplikasi My Blue Bird
Bersiap menuju lokasi
menggunakan aplikasi My Blue Bird selama perjalanan
Di perjalanan

Setibanya di lokasi pertama, peserta diwajibkan mencari crew yang standby di lokasi menggunakan signage serta tak lupa meminta paraf pada kartu badge setiap peserta. Group check in di lokasi pertama dengan melakukan share your journey menggunakan aplikasi yang dikirimkan via Whatsapp ke nomor Admin My Blue Bird yang sudah tersedia di phonebook tablet.

 

Dengan hebohnya kami juga melakukan photo group di depan Istana Maimoon dan juga di dalam Istana. Saat itu pengunjung Istana Maimoon tengah ramai. Tapi seluruh peserta tetap semangat!

Photo group Jelajah kota Medan My Blue Bird di Istana Maimoon
Di Istana Maimoon
Photo group My Blue Bird di Singgasana Sultan Istana Maimoon
Bagian dalam Istana Maimoon

Lokasi selanjutnya adalah Masjid Raya Medan yang letaknya tak jauh dari Istana Maimoon. Masih dengan peraturan permainan yang sama, kami berempat memasuki area halaman Masjid Raya dan berfoto. Tak lupa aku mengenakan syal menyerupai selendang di atas kepala sebagai salah satu syarat masuk kesana.

Photo group My Blue Bird di Masjid Raya Medan
Di depan Masjid Raya

Spot berikutnya adalah Merdeka Walk. Siang itu untung saja perjalanan cukup lancar dan kami tidak terjebak kemacetan. Tak lama kemudian tibalah kami di lokasi. Seperti biasa, usai melapor pada crew yang berada di sana, kami melakukan photo group lagi.

Photo group My Blue Bird di Merdeka Walk
Di Merdeka Walk

Kantor Pos menjadi spot terakhir yang harus disambangi. Posisinya yang tepat berada di sebelah Merdeka Walk membuat kami cukup berjalan kaki saja untuk mencapainya.

Photo group My Blue Bird di Kantor Pos Medan
Di Kantor Pos
Foto bersama driver Blue Bird
Foto bareng driver taksi Blue Bird yang kami tumpangi

Akhirnya kami berhasil menyelesaikan permainan ini. Saatnya kembali ke Belmondo Cafe. Capek tapi hati senang! Di perjalanan, Yoga bahkan sempat membuat video menggunakan #kamerahenponmolly.

 

Setibanya di Belmondo Cafe, ternyata belum seluruh peserta kembali. Sambil menunggu, kami dipersilahkan untuk menikmati santap siang yang telah disediakan secara prasmanan.

 

Sebagai acara penutup, diumumkanlah para pemenang LiveTweet dan LiveGram. Sayangnya aku belum beruntung. Lalu tibalah saatnya pengumuman pemenang Jelajah Kota Medan menggunakan aplikasi My Blue Bird.

 

Alhamdulillah, sebagai Tim Blue Bird kami berhasil mendapat juara ke-3 dan memperoleh hadiah eVoucher Blue Bird masing-masing senilai Rp 500.000. Lumayan banget, kan? Bisa menghemat ongkos taksiku, nih! Juara ke-2 memperoleh hadiah eVoucher sebesar Rp 700.000 per orang, sedangkan juara pertama mendapat hadiah eVoucher senilai Rp 1.000.000 untuk masing-masing.

Juara ketiga lomba Jelajah Kota Medan menggunakan aplikasi My Blue Bird
Juara ke-3

Pengumuman pemenang tadi sekaligus menjadi penutup acara pagi hingga siang ini. Sebelumnya seluruh peserta melakukan sesi foto bersama ibu Asri Winarni.

Foto bersama peserta My Blue Bird di Medan
Foto bareng
Berfoto bersama Mbak Wulan dari Blue Bird Jakarta
Bersama Mbak Wulan dari Blue Bird Jakarta
Wefie peserta My Blue Bird Experience Medan
Wefie dengan #kamerahenponmolly
Foto bersama peserta Jelajah Kota My Blue Bird di Medan
Foto bersama

Dengan adanya kegiatan seru seperti ini para peserta dapat merasakan pengalaman langsung menelusuri beberapa lokasi wisata yang menjadi icon kota Medan menggunakan aplikasi My Blue Bird dengan mudah dan nyaman melalui fitur non-tunai tersebut. Selanjutnya, diharapkan dua pool Blue Bird di kota Medan dengan total armada sebanyak 670 unit dapat memberikan layanan transportasi yang baik bagi masyarakat.

 

Kalian sudah download aplikasi My Blue Bird melalui Play Store (Android) dan App Store (iOS)?

 

*Foto-foto dengan watermark diambil menggunakan kamera mirrorless Fujifilm X-M1 27mm dan smartphone Samsung Galaxy S6 (semua di-resize).

 

 

 

41 thoughts on “My Blue Bird: Aplikasi Pintar Dengan Fitur Pembayaran Non-Tunai

  1. Seru jalan-jalannya Mbak… Aplikasi my bluebird memang sudah banyak sekali peningkatannya. Saya dulu pakai dari versi pertamanya. Jadi memang kerasa banget sih perbaikannya.

    Like

    • Iya mas, jelajahnya seru! Kata temen yang pakai dari beberapa tahun lalu memang aplikasinya banyak perbaikan gitu, ya. Aku malah baru download.. hihi. Tapi memang membantu banget😀.

      Like

  2. Aih kak, nyesel gak ikut, kemaren awak dah daftar kak, cuma terbentur sama jadwal ketemu dokter. Dan sebenarnya mau nyusul, tp dokter nya lama dtgnya kak, mau nyusul, eh org kakak dah journey.. 😦

    Btw, bluebird emang masih jadi taxi pilihan ya kak, selain krna resmi, jarang yang mainin argo. Pernah waktu naik taxi lain, argonya cpt x naiknya, 😦
    Awak pribadi masih percaya sama bluebird dibanding yang lain.

    Bagus lah kak kalo bluebird udah ada aplikasinya, jd gampang pesennya kan kak, gak nelpon2 lg, apalagi bisa dipesan buat besoknya, kalo gojek kan gak bs, gitu mau berangkat, disitu dipesen..

    Oia, selamat buat kk dan team ya, mantap euy, cair.. 500rb..

    Like

    • Hihihi… makasih Jannah, lumayan hadiah eVoucher nya bermanfaat kali kalo buat aku. Secara kemana-mana pergi acara aku slalu pake Blue Bird. Nyaman siy taksinya, pesannya juga ngga pake lama udah nongol. Iya sayang ngga ikutan, etapi bumil ntar disuruh lari-lari gimana tuh? Hehehe😀.

      Like

    • My Blue Bird ini memudahkan kita pengguna transportasi umum, aksesnya mudah karena lewat aplikasi di smartphone :). Iya mba Ophi, masuk area halaman Masjid Raya harus pake kerudung. Kalo ngga si bapak penjaganya ngomel-ngomel mulu. Hahahaha😀.

      Like

  3. Ada potoku, yeee. MyBlueBird apps memang seru, malah aku udah pake 2 kali, saat yg kedua, aku malah ngajarin drivernya dri mulai mencet passcode sampai selesai, nunjukin ke driver fitur appsnya bagaimana, menggunakan non tunai bagaimana. Sosialisasi di Medan bagi para driver gak maksimal, hanya dikasih tau melalui omongan, tapi tidak langsung praktek, itu kata drivernya. Eh, malah ngeblog dikomentar kakak aku

    Liked by 1 person

    • Wah keren sampe ngajarin driver yang masih belum paham gunain aplikasi My Blue Bird :). Kita-kita inilah yang bakal bikin mereka pelan-pelan terbiasa, gitu kan Yog? Hehehe :D.

      Like

  4. Blue Bird memang masih jadi yang terbaik untuk moda taksi..
    Dari segi bisnis juga sehat banget mendaftarkan ke bursa..
    Dengan brand yang uda kebentuk, saingan terdekat sekarang ya taksi online macam uber…

    Like

  5. Ampe skr msh setia pake bluebird :).. apalagi dr kantor, memang cuma bluebird yg para staff pakai kalo lg butuh kendaraan utk visit nasabah ato mengunjungi branch2 yg lain.. kita dikasih voucher nya soalnya mbak.. mau ga mau, ya cuma hrs pakai bluebird ini 😀

    tapi walopun bukan urusan kantor, tetep kok aku lbh percaya taxi biru ini dibanding yg lain.. mobilnya selalu nyaman… beda ama saingannya si putih , yg mobilnya suka bnyk yg jelek, ac panas.. bluebird ga ada tuh yg mobilnya jelek apalagi ac panas.. lecet dikit aja lgs dikandangin tuh mobil.. hebat 😉

    Like

  6. Kak, foto awak mana kak. Nasib datang telat dan pulang cepat. Hahahaha.
    Seru lah kegiatan kemarin itu. Ngajarin cara cepat makai aplikasi mybluebird, jadi cepat paham awak. Gimana susah dan gampangnya nunggu bluebirdnya, wajib jeli antara pembayaran tunai dan nontunai. Sempat salah di situ. Untung dibayarin sama pihak bluebirdnya, hehehe.
    Semoga makin bayak corporate yang buat creativity kek gini ya kan, semoga juga blogger Medan diundang terus-terusan 😀

    Like

    • Itulah abang cepat kali menghilangnya, rugi kan ngga sempet foto-foto. Hahahaha😂. Awak sekarang udah mahir juga peaan taksi lewat aplikasi, apalagi dapet hadiah eVoucher lumayan banyak😀. Semoga sering-sering corporate yang ngundang blogger ya, bang.

      Like

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s