Zespri® Kiwifruits, Awali Dengan Buah Agar #FeelAlive

Zespri® Kiwifruits — Sebagai bagian dari masyarakat modern yang tinggal di kota besar, secara tidak langsung aku terbawa pada gaya hidup yang sesuai perkembangan zaman. Pesatnya kemajuan teknologi turut menyumbang perubahan drastis terhadap kebiasaan tersebut. Gaya hidup kekinian menjadi sebuah budaya baru yang diadopsi.

Zespri
Event Zespri Kiwifruits di Medan

Masyarakat urban masa kini memiliki aktifitas yang sangat padat. Perubahan gaya hidup tersebut tentu membutuhkan nutrisi penting untuk menunjang aktifitasnya. Kesehatan tubuh menjadi modal utama dalam menjalani hari-hari.

 

Tak dapat dipungkiri bahwa seiring dengan meningkatnya kesibukan, sebagian besar masyarakat lupa memerhatikan pola makan mereka. Kemudahan teknologi justru membuat kita semakin malas untuk bergerak sebab semua hal bisa dilakukan lewat  smartphone. Toh memesan makanan secara online kini bukan menjadi hal yang sulit lagi.

 

Sejak kecil aku termasuk pemilih soal makanan. Kalau tidak doyan ya, boro-boro dimakan, bahkan disentuhpun tidak. Aku jadi ingat betapa sulitnya dulu almarhumah mama menyuruhku untuk makan, terutama sayur dan buah-buahan. Kebiasaan sulit makan itu masih terbawa hingga sekarang, walau tidak separah dulu. Sehingga pada usia 43 tahun seperti sekarang berat badanku terbilang tak gemuk.

 

Belakangan aku cepat sekali merasa lelah. Tubuhku sesekali juga mengirimkan sinyal seolah ada yang kurang beres. Ternyata asupan gizi yang masuk ke tubuh belum memenuhi standar sehat. Akupun sadar bahwa buah dan sayur jarang aku konsumsi secara rutin. Wajar dong ya, badan rasanya lemes terus.

 

Hingga akhirnya belum lama ini aku berkesempatan menghadiri undangan sosialisasi kampanye dari Zespri® Kiwifruits yang bertema #FeelAlive di The Kitchen, Hotel Aryaduta Medan. Wah, benar-benar momen yang pas mengingat aku juga tertarik pada hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Event di Aryaduta Medan
Zespri Kiwifruits di The Kitchen, Aryaduta Medan

Zespri® International Limited, pemasar buah kiwi terbesar di dunia tengah mensosialkan kampanye komunikasi regional Asia Tenggara-Australia terbarunya di Sumatera Utara. Acara yang bertajuk #FeelAlive dan Raih Hari dengan Zespri® Kiwifruits tersebut bertujuan untuk mengedukasi manfaat dari mengonsumsi buah kiwi.

 

Menurut survey, konsumsi buah masyarakat urban Sumatera Utara tergolong sangat rendah yakni hanya sekitar Rp 20.000 per bulan. Padahal mengonsumsi buah merupakan langkah awal dalam menjaga kesehatan tubuh untuk meraih hari.

 

Pada acara tersebut turut hadir para pembicara yakni Anastasia Damayanti Taulu selaku Marketing Manager of Zespri® International Limited, DR. Dr. Fiastuti Witjaksono Sp. GK (K), ahli gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, serta Laura Basuki, seorang celebrity mom yang turut membantu mempromosikan gaya hidup sehat ala Zespri®.

 

Sebelum acara dimulai, para undangan yang terdiri dari media dan beberapa bloger berkesempatan untuk menikmati sajian makan siang secara buffet di The Kitchen. Menariknya, seluruh hidangan yang tersedia diberi sentuhan garnish berupa potongan buah kiwi. Unik sekali!

Buah kiwi
Garnish kiwi pada buah pepaya

Sekitar pukul 13.30 Wib acara dibuka oleh Mbak Rika M.Novriadi selaku moderator. Pada kesempatan pertama, Mbak Anastasia menjelaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu pasar utama Zespri® sebab masyarakat urban Indonesia sangat aktif sehingga membutuhkan asupan gizi yang tepat untuk mendukung gaya hidup yang dijalani. Buah kiwi Zespri® merupakan pelengkap sempurna untuk membantu merasa #FeelAlive sekaligus meningkatkan kesehatan pencernaan, vitalitas tubuh dan kesehatan metabolik.

Moderator event Zespri
Rika M.Novriadi selaku moderator

Sekilas Sejarah Mengenai Zespri® Kiwifuits

Zespri® merupakan buah kiwi premium yang ada di pasar internasional dan Indonesia. Kiwi pertama kali diproduksi di New Zealand namun sebetulnya berasal dari Cina, dimana bibit buahnya dibawa untuk pertama kali pada tahun 1904 dan berhasil ditanam.

 

Pada tahun 1928, para ahli holtikultur sukses melakukan pembibitan buah kiwi dan mulai memperbesar produksinya di tahun 1930. Ekspor pertama kali dilakukan sekitar tahun 1952 dan sejak itulah nama Kiwifruit mulai dipopulerkan untuk membedakan dengan daerah lain. Sedangkan pada tahun 1997 adalah awal peluncuran merk Zespri®, hingga kini telah berusia 20 tahun.

Keistimewaan Zespri® Kiwifruits

Zespri® Kiwifruits memiliki keunggulan dibandingkan beberapa produsen kiwi lain yang ada di New Zealand. Zespri® secara terus-menerus melakukan inovasi berkelanjutan dan berorientasi pada konsumen, sehingga pengembangan varietasnya dilakukan secara alami, seperti kawin silang. Mereka berkomitmen untuk tidak melakukan rekayasa genetik yang akan memberikan efek kurang baik terhadap konsumen.

 

Zespri® System yang bekerjasama dengan research facility merupakan salah satu mekanisme untuk memastikan buah yang sampai di tangan konsumen memiliki kualitas yang baik. Buah-buah kiwi yang diproduksi telah melalui pengujian oleh pihak ketiga untuk melakukan tes terhadap kadar manis buah, kondisi warna, hingga tingkat residunya untuk memastikan buah tersebut layak dan aman untuk dikunsumsi.

 

Tim Zespri® Indonesia turut memberikan edukasi kepada pihak toko, seperti bagaimana penyimpanan buah yang baik dan hal yang harus dilakukan untuk masa simpan yang panjang. Hal itu bertujuan agar konsumen mendapatkan pengalaman optimal.

Apa Manfaat dari Zespri® Kiwifruits?

Zespri® Kiwifruits memiliki 2 varian yakni Zespri® Green dan Zespri® SunGold. Mbak Anastasia juga menambahkan bahwa buah kiwi Zespri® Green memiliki kandungan serat tertinggi yaitu 3g/100g yang lebih tinggi daripada pepaya yang hanya 1,8g/100g, untuk meningkatkan kesehatan pencernaan lambung dan usus. Ia juga memiliki keseimbangan serat larut dan tidak larut yang akan membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Wah, ini tentu ideal sekali bagi yang ingin menjaga berat badannya.

Marketing Manager of Zespri International Limited
Anastasia Damayanti Taulu, Marketing Manager of Zespri International Limited

Enzim pencernaan actinidin yang terdapat di buah Zespri® Green membantu mencerna protein agar lebih mudah diserap. Protein yang diserap dengan baik bermanfaat dalam mengganti sel-sel rusak dan menjaga metabolisme tubuh. Mengonsumsi kiwi setelah makan dapat mengurasi rasa kembung dan meringankan konstipasi. Ia juga bermanfaat dalam menjaga kadar gula, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena tidak akan menaikkan kadar gula darahnya.

Kesegaran Zespri Kiwifruits
Zespri Green dan Zespri SunGold

Zespri® SunGold merupakan buah dengan tingkat kecukupan gizi sebesar 18,7. Ini tentu lebih tinggi bila dibandingan dengan apel yang hanya berada di angka 1,8 atau jeruk Bali yang sebesar 8,1. Kandungan vitamin C-nya juga yang paling tinggi, bahkan 3 kali lebih tinggi dibandingkan jeruk dan kandungan gizi 10 kali lebih banyak daripada apel.

 

Adapun manfaat yang bisa diperoleh bila mengonsumsi Zespri® SunGold antara lain memperbaiki sistem kekebalan tubuh, mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi, menjaga kadar gula (aman bagi penderita diabetes), mengandung asam folat dan sumber gizi yang baik untuk ibu hamil, sumber potassium yang baik, sumber gizi untuk pertumbuhan anak dan mempercepat penyerapan zat besi, serta sebagai antioksidan.

***

Menurut Dr. Fiastuti, masyarakat kita berada dalam fase transisi yaitu antara masyarakat tradisional dan modern. Dengan kemudahan teknologi, begitu banyak orang mencari makanan enak yang sebetulnya tinggi kalori, tinggi gula, dan tinggi darah. Akibatnya banyak bermunculan penyakit yang disebabkan hal tadi. Fakta juga menunjukkan bahwa 93% orang Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah.

Narasumber acara Zespri Kiwifruit
DR. Dr. Fiastuti Witjaksono Sp. GK (K), ahli gizi RS Cipto Mangunkusumo

Dalam penjelasannya dikatakan bahwa buah kiwi berperan terhadap perbaikan kesehatan manusia agar tidak mudah lelah akibat gaya hidup yang kurang sehat. Mengonsumsi 100 gram kiwi (2 buah) setiap hari setidaknya menjadi penyeimbang pola makan yang tinggi kalori, kurang makan sayur dan buah, serta kurang bergerak.

 

Iapun merekomendasikan agar senantiasa memasukkan buah-buahan ke dalam daftar makanan sehari-hari. Idealnya dalam sebuah piring setiap kali makan, setengah berisi protein dan karbohidrat, setengahnya lagi berisi sayur dan buah. Mengonsumsi buah kiwi Zespri® bersamaan dengan asupan makan sehat juga membantu mempertahankan kadar gula darah. Tubuh nantinya tidak akan mengalami lonjakan gula darah yang diikuti kondisi hipoglikemik yang menyebabkan tubuh kehilangan energi lebih cepat.

 

Laura Basuki, seorang celebrity mom turut berkisah mengenai pengalamannya mengonsumsi buah. Dahulu ia mengaku sering terserang radang tenggorokan akibat jarang makan buah. Sejak berumahtangga dan mengikuti kebiasaan makan sayur dan buah dari sang suami, Laura merasa bertanggungjawab untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Laura Basuki sebagai narasumber
Laura Basuki, celebrity mom

Kini ia selalu menyediakan buah di dalam menu sehari-hari anggota keluarga. Dibarengi dengan olahraga teratur, ia juga merasakan dampak yang baik sejak rutin mengonsumsi Zespri® Kiwifruits. “Saya dapat menjalani hari dengan produktif sehingga saya merasa #FeelAlive”, ungkap Laura.

***

Acara lalu dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab bersama narasumber dan setelahnya ditutup oleh moderator pada pukul 14.45 siang. Hari ini aku mendapatkan banyak sekali ilmu dan pengetahuan akan pentingnya menjaga kesehatan. Komitmen untuk sehat harus dimulai dari diri sendiri, mengingat usiaku sudah tidak muda lagi.

Foto bersama artis Laura Basuki
Bersama Laura Basuki

Aku terinspirasi untuk mulai memerhatikan pola makan serta rutin mengonsumsi sayur dan buah dengan cukup. Sungguh ini sebuah akhir pekan yang sarat ilmu dan menyadarkanku agar senantiasa hidup lebih sehat untuk sekarang dan nanti.

Raih hari dengan Zespri kiwifruits
#FeelAlive dan Raih Hari dengan Zespri Kiwifruits

 

*Foto-foto dengan watermark diambil menggunakan kamera mirrorless Fujifilm X-M1 35mm dan smartphone Samsung Galaxy S6 (semua di-resize).

22 thoughts on “Zespri® Kiwifruits, Awali Dengan Buah Agar #FeelAlive

  1. Ini baru pertama kali dengar yg namanya kiwi. Juga liat di fotonya. Klo makan buah sih sering, lha wong saya jualan buah dipasar he he he…. tapi klo makan kiwi belum pernah sekalipun 😀

    Like

    • Harganya memang agak mahal dibanding buah lain ya, tapi karena manfaatnya juga lebih oke jadi yaa… beli juga😀. Kalo yang SunGold lebih manis daripada Green, koh. Rasa asem berarti buahnya belum begitu matang☺

      Like

  2. Buah kesukaan anakku 🙂 . Yg cowo suka banget buah ini, makanya aku slalu nyetok. Tp anak yg cewe ga doyan blass -_- . Dia mah emg lbh picky drpd adeknya. Kiwi zespri ini memang rasanya lbh enak drpd kiwi biasa ya mba. Lebih manis

    Like

    • Ternyata anak-anak kegemaran buahnya beda juga ya, mba😀. Gapapa deh yang penting masih mau makannya. Aku nyari kiwi SunGold suka kehabisan, padahal rasanya lebih manis😊

      Like

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s