PRUCinta, Persembahan Warisan Cintamu Bagi Keluarga Tersayang

“Setiap orang pasti akan berpulang. Kita hanya tidak tau kapan dan bagaimana”, ujar Bapak Himawan Purnama. Meski disampaikan dengan nada biasa, ucapan beliau begitu menohok. Dadaku terasa sesak dan seketika aku terbayang wajah almarhum kedua orangtuaku yang telah tiada. Peristiwa berpulangnya mereka juga sangat mendadak. Meninggalkan luka menganga begitu dalam bagi kami anak-anaknya.

Peluncuran PRUCinta di Medan

Aku kembali fokus mendengarkan pemaparan dari narasumber di acara peluncuran produk terbaru berbasis syariah dari PT.Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) bernama PRUCinta di kota Medan.

Acara yang dihelat pada tanggal 9 Maret 2020 ini bertujuan mengenalkan lebih dekat Asuransi Syariah PRUCinta yang lahir di tengah masih minimnya pemahaman pengelolaan keuangan masyarakat Indonesia.

Moderator saat peluncuran PRUCinta di Medan

Menurut Bapak Bondan Margono selaku AVP Sharia Sales & Training Prudential Indonesia, rendahnya indeks literasi dan inklusi terkait produk-produk asuransi berbasis syariah di Indonesia menjadi latar belakang hadirnya PRUCinta sebagai solusi yang sederhana, mudah dipahami, terjangkau, dan sangat relevan.

Penting untuk dipahami dulu bahwa landasan utamanya adalah proteksi, lalu saving, barulah kemudian investasi. Jangan sampai terbalik pemahamannya, ya

Bondan Margono dari Prudential Indonesia

Bila sesuatu yang buruk terjadi secara tiba-tiba, apa yang sudah kita tinggalkan untuk keluarga tercinta? Lagi-lagi sebuah pertanyaan yang sulit dijawab.

“Setiap keluarga perlu menyiapkan dana darurat untuk kondisi mendesak dan tak terduga, seperti meninggalnya pencari sumber penghasilan utama”, jelas Bapak Himawan Purnama selaku Head of Product Development Prudential Indonesia.

HImawan Purnama dari Prudential Indonesia

Oleh sebab itu, PRUCinta hadir menjadi solusi cinta yang nyata bagi keluarga Indonesia. Sebab perwujudan cinta tak selalu harus berupa barang maupun uang, kan? Toh asuransi jiwa bisa menjelma menjadi hadiah terindah untuk orang-orang terkasih.

Bicara soal kematian memang tidak mengenakkan. Namun kesadaran masyarakat soal pentingnya perlindungan jiwa masih rendah. “Dampak dari ketidaktahuan masyarakat akan asuransi itu sendiri akan terkait dengan ketahanan mereka terhadap risiko-risiko yang bisa terjadi”, ujar Pak Bondan.

Jangka waktu ketahanan keuangan nyatanya relatif lemah. Terbayang ya apa jadinya kalau sampai terjadi musibah yang menyebabkan kehilangan sumber pendapatan utama. Sebanyak 72,1% mengaku cuma mampu bertahan kurang dari tiga bulan. Padahal idealnya dana darurat harus tersedia paling tidak untuk satu tahun ke depan.

Survei inklusi keuangan OJK

Pemaparan keduanya tadi semakin menegaskan bahwa setiap keluarga wajib membuat perencanaan masa depan meski tak pernah tau apa yang akan dialami sedetik kemudian.

Tentang PRUCinta

PRUCinta merupakan produk asuransi jiwa dwiguna berbasis syariah  pertama di industri dari Prudential Indonesia. Unit Usaha Syariah Prudential Indonesia sudah mengembangkan berbagai inovasi yang menjadi solusi perlindungan sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 2007.

Kini Prudential Indonesia memperluas portofolio perlindungan berbasis syariah untuk semua (sharia for all) lewat PRUCinta tersebut. Artinya, ini menjadi produk asuransi syariah yang sederhana dan dapat dimiliki oleh siapa saja, tak terbatas hanya bagi Muslim semata.

Peluncuran PRUCinta di Medan

Keistimewaan PRUCinta

Asuransi jiwa merupakan instrumen penting untuk mengantisipasi risiko akibat hilangnya sumber pencari nafkah utama keluarga. Perubahan yang sangat besar tersebut dapat diatasi lewat produk sederhana berbasis syariah seperti PRUCinta.

Meski berupa produk tradisional yang fokus pada proteksi (dana tidak dapat diambil sewaktu-waktu) dan bukan bagian dari unit link sehingga tidak memiliki nilai investasi tambahan, namun produk ini memiliki beberapa keunggulan menarik, antara lain :

  • Cukup membayar selama 10 tahun untuk perlindungan 20 tahun

Untuk mendapatkan manfaat maksimal lebih lama hingga 20 tahun, cukup membayar kontribusi 10 tahun saja. Jika terjadi meninggal dunia, mendapat santunan sebesar 100% dari nilai asuransinya. Bila terjadi meninggal dunia akibat kecelakaan, akan mendapat 300% dari nilai asuransinya.

Bahkan meninggal dunia yang disebabkan kecelakaan yang terjadi saat bulan Ramadan hingga dua minggu usai lebaran (insiden terjadi dalam periode 6 minggu sejak 1 Ramadan yang ditetapkan oleh pemerintah), maka akan memeroleh 4x santunan asuransi atau 400%.

Sebagai catatan, pengertian kecelakaan bukan semata-mata yang terjadi di jalan raya saja, namun termasuk kejadian di luar lainnya yang menyebabkan hilangnya nyawa.

  • Manfaat jatuh tempo berbentuk nilai tunai dari Dana Nilai Tunai

Jika sampai berakhirnya masa kepesertaan asuransi tidak terjadi klaim dan polis masih aktif, maka akan memeroleh manfaat jatuh tempo yang dimaksimalkan setara 100% kontribusi yang telah dibayarkan. Jadi peserta asuransi tetap mendapatkan dananya kembali sebagaimana tercantum dalam Tabel Nilai Tunai pada akhir tahun polis ke-20 tersebut. Cukup adil, ya.

  • Terdapat Surplus Underwriting

Apabila nilai klaim yang terjadi sangat sedikit karena banyaknya peserta asuransi yang sehat wal ‘afiat, maka terjadi Surplus Underwriting dimana sejumlah 80% akan dikembalikan untuk pemegang polis, lalu 10 % untuk Dana Tabarru’, dan sisanya 10% lagi untuk pengelola.

Surplus Underwriting dari PRUCinta

  • Hemat biaya kontribusi 1 bulan bila membayar langsung setahun

Keistimewaan yang bisa diperoleh peserta yang membayar full untuk 1 tahun sekaligus adalah GRATIS biaya kontribusi 1 bulan. Artinya, jumlah kontribusi yang dibayarkan hanya untuk 11 bulan saja. Ini hemat sekali pastinya.

  • Berbagi kebaikan lewat Wakaf Hidup dan Wakaf Wasiat

Berbagi cinta dapat dilakukan kepada siapa saja, tidak terbatas hanya untuk keluarga. Oleh sebab itu, peserta asuransi PRUCinta bisa mewujudkan niat berbagi kebaikan lewat wakaf. Adapun tata cara wakaf mengikuti ketentuan program Wakaf Prudential yang sudah berjalan.

Untuk Wakaf Hidup, dilakukan saat Manfaat Jatuh Tempo di akhir tahun ke-20 dibayarkan (berupa Nilai Tunai). Sedangkan untuk Wakaf Wasiat, dilakukan saat Santunan Asuransi dan atau Nilai Tunai dibayarkan.

Baca juga : Program Wakaf Asuransi Syariah: Manfaat Proteksi Sekaligus Beramal Jariah

***

Usai mendengarkan penjelasan tentang PRUCinta, sebuah persembahan berupa pembacaan puisi yang diiringi dentingan suara gitar tak pelak membuat aku kembali merenung. Betapa berartinya kehadiran sosok orang tercinta di tengah keluarga. Bila mereka sudah tak ada di dunia, rasa rindu mungkin takkan pernah bisa tergantikan oleh apapun.

Di penghujung acara secara resmi diluncurkan PRUCinta di kota Medan yang ditandai dengan menekan tombol di layar.

Peluncuran PRUCinta di kota Medan

PRUCinta asuransi jiwa syariah bagi keluarga

Perihal usia memang misteri. Aku pribadi merasakan pilu sepanjang hidup meski sudah sangat merelakan kepergian tiba-tiba kedua orangtua kami. Dan tak terbayangkan pula bagaimana aku akan melanjutkan hidup jika suatu saat nanti suami harus kembali menghadap Sang Pencipta.

Lalu apa yang sudah kita persiapkan bagi keluarga?

Kalimat ‘Cinta hidup selamanya, kita tidak’ menjadi pengingat agar kita tak hanya memberikan cinta saat nyawa masih di kandung badan. Namun juga mempersembahkan warisan cinta bagi orang-orang terkasih yang ditinggalkan.

Melanjutkan hidup usai ditinggalkan tulang punggung keluarga tentu berat rasanya. Dan PRUCinta hadir menjadi solusi dan persembahan berarti untuk #BuktikanCintamu. Maka dari itu, untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang produk ini kita bisa menghubungi tenaga pemasar yang berlisensi asuransi sekaligus juga berlisensi syariah.

Prudential menanggung perawatan COVID-19

Hidup selalu memberi manusia tanda-tanda. Namun cinta yang baik adalah tentang bukti nyata. Mari kita #JalaninBareng dan menjadi semakin kuat!

Pembacaan puisi di peluncuran PRUCinta Medan

PRUCinta asuransi syariah warisan bagi keluarga

18 thoughts on “PRUCinta, Persembahan Warisan Cintamu Bagi Keluarga Tersayang

  1. Konsep syariah ini suka kali awak kak, dan hadirnya PRUCinta nambah melek lagi, wah penting banget memang proteksi diawal, baru saving lalu investasi. Mengenai wabah Covid – 19, keren Prudential cepat tanggap ya 👍

    Like

    • Konsep syariah bikin hati tenang ya, Nurul. Dan Alhamdulillah PRUCinta juga meng-cover biaya kalau sampai terkena wabah Covid-19 tadi. Semoga kita sehat-sehat semua lah😀. Aamiin.

      Like

  2. Asuransi itu penting banget kalo buatku. Aku Ama suami masing2 punya, dan kami berdua sengaja cari yg UP nya tinggi, walopun premi berarti lumayan juga :D. Tp Gpp, karena semua demi anak2 sih. Aku mikirnya, Krn kami berdua suka traveling, dan suka ngelakuin hal2 ekstreme, harus ada pegangan utk anak2. Aku pastiin mereka ga bakal kekurangan kalo kedua ortunya kenapa2. Sampe kuliah udh terjamin.

    Makanya sering ga abis pikir sama org yg benci Ama asuransi dan menganggab itu penipuan. Ada tuh temenku. Sampe ngomong, “musibah itu udh ketentuan Allah. Banyakin sedekah aja supaya terlindungi.”

    Aku sampe ngakak sih. Sedekah mah perlu, tapi ga berarti pake embel2 berharap dilindungi. Kayak ga ihklas sedekahnya :p. Lagian asuransi mah menurutku ikhtiar dr kitanya. Tujuannya kan memang utk si ahli waris. Lagian kalo ga mau ketipu pilih asuransi yg bener lah, terpercaya. Aku sih selama ini LBH milih kayak Manulife, Prudential Ama Generali. Alhamdulillah ga prnh ngerasa diboongin ato gimana :D. staff yg handle asuransi ku juga informatif banget.

    Like

    • Aku setuju banget, asuransi itu penting. Terutama asuransi jiwa, kesehatan, dan pendidikan. Utamanya memang asuransi jiwa buat cover kejadian tiba-tiba kayak hilangnya sumber pendapatan utama keluarga ya, Mba. Duh… jangan sampai anak-anak nanti kurang biaya sepeninggal orang tuanya. Kita wajib ikhtiar ya, menurutku. Walo umur ngga ada yang tau. Tujuannya kan memang untuk proteksi ya🙂. Untunglah Mba Fanny udah punya persiapan asuransinya. Insya Allah bermanfaat satu hari nanti.

      Like

    • Pilihan dari produk PRU bikin kita bisa milih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Apalagi produk syariahnya, banyak jenis ternyata. Dan juga digemari sama siapa aja, ngga terkhusus untuk Muslim, Koh🙂.

      Like

    • Makasih, Kina. Karena gimanapun kita wajib ikhtiar dengan mempersiapkan segala sesuatu terutama untuk kelangsungan hidup keluarga tercinta. Mungkin itulah peninggalan kita yang terbaik🙂.

      Like

Leave a Reply to Sakinah Annisa Mariz Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s