Manfaat dari Kegemaran Fotografi

Manfaat Dari Kegemaran Fotografi — Fotografi sejak awal kemunculannya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Banyak sekali momen indah yang berhasil diabadikan oleh kegiatan fotografi ini. Merekam berbagai aktifitas manusia dimanapun berada dan membekukannya dalam sebuah karya foto menjadikan kegiatan ini sangat menarik untuk dilakukan. Sebuah karya foto mampu mengungkapkan perasaan kita, hubungan antar manusia hingga menampilkan keindahan ciptaan Tuhan.

Lokasi : Brastagi, Sumatera Utara

Seiring perkembangan internet di dunia, aktifitas fotografi pun terus berkembang pula. Apalagi sejak bermunculannya jejaring sosial dan photoblog, kepopuleran fotografi semakin meningkat. Kini tak sulit untuk mengabadikan sebuah momen lalu berbagi hasil foto ke seluruh penjuru dunia dengan memanfaatkan teknologi internet itu sendiri. Bahkan saat ini fotografi bisa dilakukan tak hanya menggunakan kamera saja, namun juga banyak bermunculan fotografi menggunakan ponsel. Banyak kalangan muda yang menggemari kegiatan fotografi ponsel ini.
Sebenarnya apa sih manfaat dari kegemaran fotografi itu? Menurutku manfaatnya antara lain adalah bertambahnya rasa syukur pada ciptaan dan anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa. Sehari-hari kita sering melihat keindahan alam seperti pemandangan bukit yang terhampar luas, pegunungan, pepohonan, sungai, danau, laut, bunga maupun aneka jenis hewan yang ada disekitar. Setiap kali mengabadikan keindahan tadi, maka kita selalu teringat akan kebesaran Tuhan dan senantiasa mengagumi hasil karya Sang Pencipta.
Lokasi : Cappadocia, Turki
Fotografi bagiku adalah sebuah kegiatan yang banyak manfaatnya. Sejak aktif memotret beberapa tahun yang lalu, kegiatan ini menjadi sarana pelepas jenuh yang efektif… hehehe. Aku memang tidak memotret secara profesional apalagi menjadikan kegiatan ini sebagai penghasil uang, hanya sekedar hobi saja. Belakangan aku cukup serius belajar memotret secara otodidak dan merasakan manfaat yang besar dari kegiatan fotografi ini.
Kesenangan memotret ini bisa ikut mengasah kepekaan kita dalam melihat hal-hal menarik yang ada di lingkungan. Suatu objek atau situasi mungkin luput dari perhatian orang lain, namun bila kita sering memotret maka kita akan menemukan objek foto yang tak biasa. Kita juga bisa menemukan keunikan dari suatu objek yang terlihat “biasa”.
Lokasi : Bukit Gundaling, Brastagi – Sumatera Utara
Fotografi adalah sebuah seni, oleh karena itu untuk dapat menghasilkan karya seni maka kita berkesempatan juga mempelajari hal-hal berkaitan dengan teknik fotografi yang baik. Ada kaidah-kaidah yang terkandung dalam seni fotografi itu sendiri. Dengan mempelajari teknik fotografi serta sering mempraktekkannya, kita akan semakin memahami estetika dari sebuah foto agar menghasilkan foto yang indah dan menarik. Selain itu, kita akan semakin terlatih menyampaikan suatu pesan lewat media foto kepada siapapun yang melihatnya.
Mempelajari fotografi juga membuat daya imajinasi kita berkembang. Kita akan terbiasa membuat rencana di dalam kepala sebelum melakukan kegiatan memotret. Bila situasi dan kondisi di lapangan tidak sesuai dengan rencana, biasanya kita langsung membuat rencana cadangan agar gak sampai mati gaya… hehehe. Ini semua memang memerlukan latihan agar dalam kondisi yang tak menguntungkan pun kita masih bisa berkreasi.
Ternyata banyak juga manfaat dari kegemaran fotografi ini ya? Dan yang paling penting adalah kita bisa merekam momen apapun yang diinginkan, termasuk bila sedang melakukan traveling. Karena aku suka traveling, otomatis  memotret menjadi kegiatan yang akan menambah jam terbang dan portofolio. Bagi penikmat traveling tentu kemampuan teknis dalam memotret menjadi hal penting sebab dalam perjalanan kita akan menemukan banyak sekali hal menarik untuk diabadikan.
Lokasi : Brastagi, Sumatera Utara (Gunung Sinabung)
Merasakan manfaat dari kegemaran fotografi tentu terpulang pada masing-masing orang. Bila dilakukan dengan sepenuh hati maka  suatu saat kemampuan fotografi kita akan terus berkembang. Pastinya menyenangkan banget kalau kita bisa merekam setiap momen berharga maupun objek-objek menarik. Dengan meluangkan sedikit waktu untuk mempelajari teknik dasar fotografi serta tak lupa terus mempraktekkannya dengan peralatan yang kita miliki (kamera atau ponsel), kita tidak akan ketinggalan momen apapun.
Walau menurut sebagian orang hobi fotografi termasuk hobi mahal, namun itu semua bisa disiasati dengan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan kita.  Dan kalau kita memiliki kamera yang mumpuni, rasanya sia-sia banget kalau sang pemilik justru jarang memotret. Memotret juga perlu pemanasan lho, untuk mengetahui fitur-fitur sekaligus memperlancar penggunaan kamera sebelum melakukan perjalanan. Artinya, memotret itu bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, tak harus menunggu momen tertentu. Semakin sering memotret, kita akan menemukan gaya kita sendiri. Yang terpenting adalah terus memotret, jangan malu menampilkan hasil karya foto kita, sebab bila foto-foto itu hanya tersimpan di memory card, kita tak pernah tau perkembangan teknik memotret kita. Feedback dari orang lain sebagai penikmat foto tentu sangat penting bagi kita untuk terus belajar menjadi lebih baik.
“Yuuk motret yuuk…”
In photography, the smallest thing can be a great subject. The little human detail can be a Leitmotiv. (Henri Cartier-Bresson)

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s