Menikmati Suasana di Orchard Singapore

Menikmati Suasana di Orchard Singapore — Singapura memiliki magnet kuat bagi para wisatawan yang datang dari berbagai belahan dunia. Walaupun kini Singapura memiliki urutan teratas sebagai negara “termahal” di dunia namun tak pernah menyurutkan niat pelancong untuk berkunjung kesana. Negara yang bersih dan teratur, memiliki tingkat keamanan yang baik, transportasi umum yang modern serta tempat-tempat wisata dan shopping mall yang menarik tentunya membuat wisatawan nyaman berada di Singapura. Salah satu kawasan terkenal disana adalah Orchard. Jalanan sepanjang 2,2 km dan menjadi icon Singapura dipenuhi oleh aneka pusat hiburan, tempat belanja, hotel hingga berbagai restoran. Pokoknya disana semuanya ada !

Setelah makan siang di Harbourfront, aku dan suami menuju ke stasiun MRT karena kami berencana jalan-jalan di area Orchard. Turun di stasiun MRT Orchard (berada tepat dibawah Tang Orchard) setelah berpindah jalur di Dhoby Ghaut, kita bisa langsung keluar menuju Mall ION Orchard yang memiliki bangunan yang sangat unik. Mall ini berdiri pada tahun 2009 lalu dan dipenuhi oleh berbagai macam toko dari merek-merek ternama.

Di halaman depan ION terlihat patung buah pala yang merupakan lambang pohon yang dulunya pernah tumbuh di sepanjang Orchard Road. Tak jauh dari sana juga tampak aneka patung manusia berwana-warni yang unik dan khas.

Patung berwarna-warni

Bangunan ION yang unik
TWG Tea, salah satu booth teh premium di ION
Duduk santai menikmati suasana

Berjalan-jalan di sepanjang kawasan Orchard ini gak pernah membosankan. Walaupun gak berniat belanja dan hanya sekedar window shopping, pusat-pusat perbelanjaan di kawasan ini menarik untuk dikunjungi bila ada waktu.

Takashimaya Shopping Center berdampingan dengan Wisma Atria

Singapura udah memberlakukan sistem pengendalian kendaraan dengan metode ERP (Electronic Road Pricing) sejak sekitar 5 tahun lalu. ERP adalah penerapan jalan berbayar yang berbasis elektronik. Hal ini akan memudahkan proses pembayaran dan penerapan tarif berdasarkan tingkat kemacetan, sekaligus “memaksa” masyarakat untuk naik transportasi umum seperti bus, MRT maupun LRT. Di jam-jam tertentu, tarif yang berlaku memang cukup menguras kantong. Di lokasi seperti pusat bisnis dan wisata, tarif yang ditetapkan lebih mahal, terutama di akhir minggu. Jadi kalau mau murah dan tetap nyaman, jangan segan-segan memilih naik transportasi umum di Singapura ini.

ERP di kawasan Orchard

Ada yang menarik di kawasan Orchard ini, sebab Singapura akan menjadi tuan rumah penyelenggaraanSEA Games 2015 pada tanggal 5-16 Juni 2015 nanti. Walau masih beberapa bulan lagi namun promosi mengenai SEA Games sudah mulai ramai. Di kawasan Orchard terlihat berbagai aktifitas menyambut pesta olahraga tersebut mulai dari tersedianya Official Store hingga agenda hiburan musik di panggung yang dimeriahkan oleh sebuah band di salah satu area Orchard.

Menurut salah seorang teman adikku yang tinggal di Singapura (Tirzah L. Fecher), setiap hari Sabtu di minggu pertama setiap bulannya, beberapa ruas jalan di Orchard akan ditutup karena diisi oleh berbagai kegiatan dan atraksi yang bisa dinikmati oleh siapapun. Sayangnya, aku dan suami gak sampai malam disini sebab harus kembali ke Batam, kalau nginap pastinya bisa melihat atraksi yang dimaksud tadi.

Atribut SEA Games
Bagus ya salah satu atribut SEA Games-nya
SEA Games Official Store

Sejak dulu setiap berjalan-jalan di kawasan Orchard ini salah satu yang gak pernah sepi pembeli adalah penjual es krim potong berbagai rasa seharga SGD 1/potong. Kebetulan di Medan juga udah ada yang menjual es krim potong ini.

Antrian pembeli es krim potong murah meriah
Para pejalan kaki yang memenuhi setiap sudut kawasan Orchard
Capek jalan, berfoto dulu aah..
Desain yang unik
Persimpangan tempat menyeberang jalan

Berjalan-jalan di kawasan Orchard ini sangat nyaman sebab banyak pohon di sepanjang jalannya yang membuat suasana menjadi teduh walaupun cuaca tengah panas. Tapi yang namanya kaki kalau dibawa jalan-jalan terus pastinya pegel juga… hehehe. Sesudah keluar masuk mall, kamipun berhenti untuk sekedar ngopi di The Coffee Bean & Tea Leaf sambil mengistirahatkan kaki. Sengaja memilih tempat yang terletak disudut jalan ini agar masih bisa menikmati sore yang cerah di Orchard sekaligus melihat-lihat sekeliling. Suamiku memesan segelas Ice Coffee dan aku memesan Matcha Green Tea Blended untuk menghilangkan dahaga.

Wajah mulai segar lagi sesudah nongkrong disini
Menunggu MRT untuk kembali ke Harbourfront
Di dalam MRT yang gak begitu ramai

Menjelang pukul 6 sore kami udah sampai di Harbourfront lagi, karena masih ada waktu kamipun berjalan-jalan di Vivo City Mall. Disisi luar mall terlihat aneka telur yang dihias berbagai corak dan berwarna-warni. Rupanya akan ada The Great Egg-Venture di Sentosa Harbourfront yang akan berlangsung pada tanggal14 Maret hingga 5 April 2015.

Telur-telur hias
Di roof top tersedia kolam buatan untuk sekedar mencelupkan kaki

Gak terasa waktu hampir malam dan kami harus melewati imigrasi lalu boarding jam 7.30 waktu Singapura. Capek sih tapi hati senang… hehehe. Tepat jam 8.15 kapal ferry bertolak kembali menuju pelabuhan Harbour Bay di Batam. Hampir lupa bahwa ini adalah malam Minggu, tapi kami berencana menghabiskan malam minggu sambil nongkrong di Batam aja.

“Goodbye Singapore…”

Di dalam ferry menuju Batam

2 thoughts on “Menikmati Suasana di Orchard Singapore

  1. Aaakkk Orchard.. Ini tempat favorite aku kalo jajan es potong mba. Beberapa tahun bolak balik sana pasti beli es potong nya disana. Hahaha. Patung warna warni nya jadi icon terkenal Orchard Road kalo menurut aku sih.. Hahaha

    Like

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s