The Camera Museum Penang

Sebelum berangkat ke Penang, aku secara tak sengaja menemukan informasi tempat unik dan menarik yang ingin aku kunjungi yaitu The Camera Museum.

“Bang, ternyata di Penang ada museum kamera, nanti kita lihat kesana ya?”, aku mengajak suamiku beberapa hari menjelang keberangkatan kami. Suamiku yang juga gemar fotografi tentu tidak menolak ajakanku. Dan saat kami berkeliling seputar Georgetown, kamipun memasuki tempat ini dengan rasa penasaran.

Dari depan terlihat tempat ini tak berukuran luas, juga tak nampak ramai. Sebuah replika kamera tua seolah menyambut kedatangan para pengunjung. Di dinding tergantung beberapa foto dan poster. The Camera Museum adalah yang pertama di Asia Tenggara, dan telah tercantum dalam The Malaysia Book oRecords.

Salah satu tempat favorit untuk berfoto

Di bagian tengah ruangan kita akan disambut oleh seorang resepsionis yang akan memberikan semacamvoucher potongan harga untuk berbelanja di booth barang-barang souvenir saat kunjungan selesai nanti. Dan untuk masuk ke area museum, pengunjung akan dikenakan biaya RM 20/orang (dewasa), RM10/orang (student card dan senior citizen). Bagi anak-anak yang berusia dibawah 12 tahun tidak dikenakan biaya samasekali.

Ruang pamer yang akan kita lihat berada tepat di lantai 2 dari bangunan ini. Di ruang yang tak terlalu luas namun sejuk oleh pendingin ruangan inilah kita bisa melihat-lihat berbagai perkembangan bentuk kamera dari masa ke masa, bahkan sejak tahun 1500 ! Disini terdapat lebih dari 300 kamera antik dari seluruh penjuru dunia.

Ruang pamer di lantai 2
Contoh-contoh kamera yang boleh disentuh oleh pengunjung
Kamera Leica yang fenomenal

Beberapa spy camera di dalam spy room
Salah satu foto kejadian nyata tentang seekor anjing pendeteksi bom yang tewas saat bertugas… hiks
Salah satu foto yang fenomenal sebab setelah memotret ini, sang fotografer tewas bunuh diri
Berfoto di Obscura Room
Ruang gelap cuci cetak film (Darkroom)
Bisa melihat seperti apa “kamera lubang jarum” (pinhole camera) pada zaman dahulu

Setelah puas melihat-lihat dan mendapatkan pengetahuan tentang perkembangan kamera, pengunjung juga bisa bersantai di cafe mungil yang terletak di lantai 1 dari museum.

Double Exposure Cafe

Yang tak bisa dilewatkan salah satunya adalah Snap Shop, sebab disini menjual berbagai macam souveniryang berhubungan dengan dunia fotografi, mulai dari aksesoris seperti kalung, juga terdapat berbagai macam kaos, tas, juga pajangan berbentuk kamera. Wow… yang seperti ini bikin selera belanjaku dan suami muncul ! Hahahaha… Kamipun membeli beberapa barang untuk sekedar kenang-kenangan.

Snap Shop… barang-barangnya menggemaskan !
Tampak suamiku yang bersemangat belanja disini ! Hahaha…
Menjual berbagai postcard

The Camera Museum adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para penggemar fotografi bila berada di Penang, karena akan memberikan pengalaman baru bagi siapapun yang menyenangi kamera dan foto. Kamipun merasa puas dengan kunjungan kali ini. Tempat yang recommended !

The Camera Museum
49, Lebuh Muntri
10200 Georgetown
Penang, Malaysia
Ph. 04-2613649
Open daily : 9.30am – 6.30pm
Ticket : RM 20 (Adult), RM 10 (Student Card), RM 10 (Senior Citizen)

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s