Mengapa Orang Lebih Memilih Booking Secara Online

Mengapa Orang Lebih Memilih Booking Secara Online — Merencanakan sebuah perjalanan menjadi suatu hal yang penting bagi siapapun yang ingin bepergian. Kemampuan dalam menyusun rencana perjalanan menjadi faktor penentu keberhasilan. Saat ini, siapapun yang hendak bepergian tak lagi direpotkan oleh hal-hal yang rumit. Maraknya penggunaan online travel agent atau yang lebih sering disebut OTA terasa sangat memudahkan. Aplikasinya telah tersedia dan dengan mudah bisa di download serta digunakan melalui smartphone kita.

post1
Sumber : assets.kompasiana.com

Aku dan suami sering memanfaatkan OTA sesaat sebelum bepergian. Semua terasa lebih mudah ketika hidup sudah berada di dalam genggaman. Proses pemesanannya juga tak rumit samasekali. Hal ini tentunya sangat membantu bagi orang–orang yang super sibuk dan tidak memiliki banyak waktu.

 

Ada beberapa keuntungan ketika memesan hotel maupun tiket pesawat secara online. Pertama, kita dapat melakukan  booking dimana saja dan kapan saja, baik dalam keadaan sibuk maupun terdesak. Tak mengenal hari libur ataupun tutup. Kita bahkan terhindar dari antrian. Semua bisa dilakukan sendiri tanpa perlu menyewa jasa calo untuk sekedar memesan tiket ataupun kamar hotel.

 

Kenyamanan ini membuat kita terhindar dari kerepotan dan kewajiban untuk datang langsung saat memesan. Benar-benar bisa menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya. Praktis sekali, kan? Yang perlu dilakukan adalah cukup men-download aplikasi tersebut tanpa perlu membayar lagi alias gratis.

 

Dulu aku pernah mengalami kekecewaan ketika hotel yang ingin dipesan sudah penuh. Begitu pula saat akan memesan tiket pesawat yang ternyata telah habis. Kini dengan adanya OTA, kita bisa dengan mudah mengecek ketersediaan kamar, fasilitas yang ada sampai harga kamar. Jika hotel yang dituju sedang penuh, kita tinggal mencari hotel lain di sekitar lokasi terdekat. Mudah, kan?

 

Hal yang paling menguntungkan dari menjamurnya aplikasi OTA yang dapat diakses melalui smartphone adalah kita dapat dengan mudah membandingkan harga dari satu OTA ke OTA lainnya. Kita dapat dengan mudah mencari harga yang paling sesuai dengan budget yang tersedia menggunakan OTA seperti Traveloka, PegiPegi, Nusatrip, Agoda, dan lainnya. Jadi tak perlu malu untuk menanyakan harga kamar yang paling murah.

 

Keuntungan lainnya adalah kita dapat me-review terlebih dahulu kamar hotel yang ingin dipesan, baik dari segi kenyamanan, desain ruangannya, serta fasilitas pendukung. Tak jarang pula kita menemui cukup banyak pengunjung yang memberikan testimoni di kolom komentar OTA tersebut. Kita juga bisa ikut mencantumkan review hotel yang dituju melalui blogger–blogger yang sudah pernah me-review hotel tersebut.

post2
Sumber : kotausaha.com

Selain itu, kita juga dapat mengecek langsung di website resmi hotelnya. Namun hal terbaik adalah justru membaca review dari para blogger. Sebab berdasarkan review tadi kita bisa lebih mudah mengetahui kondisi hotel yang sebenarnya melalui foto-foto yang mereka tampilkan. Kadangkala kita sulit memperoleh informasi yang diperlukan melalui pihak hotel ataupun OTA. Informasi tambahan yang diperlukan justru dapat kita peroleh dari pengalaman para blogger yang pernah datang dan menginap di sana. Review tersebut tentunya bisa menjadi pedoman dalam menentukan pilihan.

 

 

Menjelang musim liburan tiba, biasanya kita mencari penawaran menarik serta potongan harga yang disediakan oleh para OTA. Diperlukan ketelitian untuk menemukan penawaran harga terbaik. Apabila kita telah mendapatkan harga yang sesuai, hendaknya tetap membandingkannya dengan harga yang tertera pada website resmi hotel tersebut.

 

Usai memesan tiket maupun kamar hotel kita tak perlu repot-repot melakukan pembayaran dengan cara tunai. Sistem pemesanan secara online ini juga memudahkan kita ketika akan membayar. Ada beberapa alternatif cara pembayaran yang bisa dipilih, yakni melalui ATM, transfer bank, ataupun membayar melalui aplikasi internet banking yang lebih praktis dan mudah.

 

Banyak sekali keuntungan yang bisa kita peroleh bila menggunakan OTA. Tak heran pada saat ini hampir semua orang telah memanfaatkan jasa OTA ketika merencanakan perjalanannya. Aku bahkan telah berkali-kali memanfaatkan kemudahan ini. Kini memesan tiket maupun kamar hotel menjadi lebih menyenangkan.

 

Teman-teman sudah pernah mencobanya sendiri, belum?

 

 

 

40 thoughts on “Mengapa Orang Lebih Memilih Booking Secara Online

  1. Aku setiap merencanakan perjalanan juga menggunakan OTA, Mbak Molly. Malah Rasanya aneh jika hari ini masih bertanya-tanya tentang tiket ke tour travel manual. Saya hanya pergi ke tour travel reguler kalau membeli paket tour. Tapi kalau jalan sendiri ya reset sendiri 🙂

    Like

  2. seumur2 tiap kali traveling, aku cuma sekali mesen dr website hotelnya langsung..sisanya selalu pake OTA :D.. itu yg pake website hotelnya lgs, krn nth kenapa harganya saat itu jauuuh lbh muraj drpd di PTA :D.. jarang2 tuh nemu yg begitu mba

    Like

  3. Wah ada aplikasi yang harus di pasang nih biar bisa booking2 kalo mau jalan2.. skrng blm pergi kmna2 untk jalan2.. mngkn tahun depan baru bisa.. mngkn dari sekarang masang aplikasi OTA ini gpp ya.. hehe..

    Like

  4. Aku termasuk OTA Loh kak, hehehe walaupun belum sesukses OTA OTA yang lain..

    dan aku juga salah satu pengguna OTA sejak di Jakarta dulu, emang bermanfaat kali untuk kita yang mager (males gerak), gak pengen ribet, dan medan yang cukup panas dan sering macet,

    Like

  5. lebih mudah dan ada reviewnya

    sebenernya fitur review ini yg paling ditunggu.

    sekarang kalo pelayanan jelek, pihak hotel ga bisa semena2, karena review buruk = kehilangan pelanggan

    Like

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s