Ingin Traveling? Persiapkan 7 Hal ini Demi Kenyamanan

Belum lama ini ada seorang teman yang bertanya, “Kak, apa yang perlu dilakukan supaya bisa traveling dengan nyaman? Sebenarnya kunci dari segalanya adalah persiapan yang matang. Tujuannya agar bisa meminimalisir hal-hal yang terjadi di luar dugaan.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum traveling

Berlibur juga perlu direncanakan dan dipersiapkan. Aku sendiri terbiasa mengatur segala sesuatunya dengan detil setiap kali akan bepergian. Bagiku, persiapan yang dilakukan sebaik mungkin akan membuat liburan terasa lebih nyaman.

 

Menurut pengalamanku, walau sudah melakukan persiapan dengan baik bukan tak mungkin kita menemukan gangguan yang berarti. Namun setidaknya kita sudah berusaha mengaturnya, kan? Toh yang namanya masalah adalah sesuatu yang tidak mungkin benar-benar bisa kita hindari.

 

Nah, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan traveling. Karena setiap orang kan punya preferensi yang berbeda soal itu. Ada yang ingin santai-santai aja, tapi ada juga yang memang mau mengeksplor tempat yang ia kunjungi.

 

Banyak hal yang akan kita temui saat traveling ke sebuah lokasi. Situasi maupun kebiasaan setempat adalah sesuatu yang baru bagi pendatang seperti kita. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan supaya rencana yang telah disusun tidak jadi berantakan. Ya kalau bisa jangan sampai kacau dan mengecewakan lah.

 

Berikut adalah poin-poin persiapan penting yang sebaiknya dilakukan sebelum berangkat traveling:

 

1. Menentukan tanggal

Bagi para pekerja, beberapa hari libur yang ditandai dengan tanggal merah di kalender adalah sesuatu yang amat dinanti. Kita bisa mulai menyusun rencana awal dengan menentukan tanggal yang tepat untuk melakukan perjalanan.

Menentukan tanggal untuk berlibur

Bila perlu, ajukan cuti jauh-jauh hari agar tugas dan tanggung jawab pekerjaan bisa didelegasikan kepada teman kerja yang lain.

 

2. Pelajari tempat tujuan

Setelah menentukan jumlah hari yang akan dipakai untuk berlibur, saatnya kita mempelajari sebanyak mungkin tentang tempat yang akan dikunjungi. Beberapa destinasi wisata menarik bisa dipilih berdasarkan minat. Tak lupa untuk mengecek apakah ada event lokal yang bisa disambangi kelak.

Menentukan tempat tujuan untuk berlibur

Pertimbangkan juga bagaimana cara menuju ke sana, berapa lama waktu yang harus ditempuh, dan hal menarik apa yang bisa kita temui.

 

3. Mengecek kondisi cuaca

Karena terlalu asik mempersiapkan hal lain, biasanya kita lupa mencari tahu bagaimana kondisi cuaca di kota/negara tujuan. Ini menjadi penting sebab kita dapat mengatur jenis barang bawaan sesuai dengan keadaan cuaca setempat.

Mengecek cuaca setempat sebelum berlibur

Selain itu dengan mengetahuinya kita juga dapat menyesuaikan dengan rencana perjalanan. Kalau cuaca panas, tentu perlu membawa sunblock, topi, serta kacamata hitam. Sedangkan bila hujan, idealnya tak lupa membawa payung kecil dan jaket.

 

4. Persiapkan tiket perjalanan

Langkah penting selanjutnya adalah mempersiapkan tiket dan akomodasi perjalanan. Mulai dari memesan tiket pesawat, tiket bus, atau tiket kereta api. Usahakan untuk memesan tiket tidak terlalu mepet alias jauh-jauh hari. Manfaatnya supaya biaya akomodasi dapat dihemat. Selalu pantau harga tiket promo dari beberapa situs penerbangan.

Membeli tiket kereta api sebelum bepergian

Begitu pula bila akan memanfaatkan transportasi darat, kita dapat mengecek harga tiket kereta api sesuai kota tujuan. Setelahnya kita dapat segera memesan tiket melalui internet, baik tiket pesawat maupun tiket kereta api. Tiket yang dipesan lebih cepat akan memberi keleluasaan memilih tempat duduk yang diinginkan.

 

5. Memilih penginapan

Menentukan tempat menginap memang bukan soal mudah. Pertama, sesuaikan dengan anggaran yang kita miliki. Sesudahnya pilihlah jenis penginapan yang dikehendaki. Lalu kemudian mencari lokasi yang kira-kira cocok dan tak jauh dari tempat wisata yang dituju.

Memilih tempat penginapan sewaktu berlibur

Periksa pula fasilitas yang tersedia berikut pelayanannya, apakah menyediakan sarapan pagi atau tidak, dan lain-lain. Ini penting agar kita tidak terkecoh dengan tawaran harga murah yang sebetulnya sangat minim fasilitas.

 

6. Siapkan barang yang akan dibawa

Selain membawa pakaian secukupnya dan obat-obatan pribadi, barang yang tak boleh tertinggal antara lain adalah kamera, battere cadangan, gawai, dan pengisi daya (powerbank). Kalau sampai benda-benda tadi tertinggal, otomatis liburan seperti ada yang kurang. Kita tidak bisa mengabadikan tempat-tempat indah yang disinggahi dan gagal membagikannya lewat media sosial sewaktu berada di sana.

Menyiapkan pulsa untuk membeli paket data internet

Hal penting lainnya adalah jangan sampai lupa untuk mengisi paket data internet. Akses internet membuat kita leluasa membagikan cerita lewat InstaStory. Kita juga dapat mencari lokasi tempat wisata lewat aplikasi perjalanan, termasuk menemukan arah bila tersesat. Untuk itu tentu kita wajib mengisi pulsa agar dapat membeli paket data sesuai kebutuhan.

Baca : 5 Tips Menghasilkan Foto Traveling yang Berkualitas

 

7. Membuat rencana cadangan

Setiap kali akan melakukan sebuah perjalanan, sebaiknya selalu siapkan rencana cadangan. Kalau karena sesuatu hal lantas kita tak bisa menuju ke suatu tempat, setidaknya ada alternatif kegiatan lain yang sama menariknya.

Menyiapkan rencana cadangan saat berlibur

Begitu juga kalau ternyata kita menemukan masalah seperti ketinggalan pesawat, kehilangan barang, atau salah memesan paket wisata lokal, kita tak lantas panik atau bete. Anggap saja itu adalah bagian dari seni perjalanan.

Baca : Traveling dengan Pasangan, Jangan Lakukan 5 Hal Ini!

***

Sesudah menyiapkan hal-hal di atas, selanjutnya penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan hingga waktu keberangkatan tiba. Jaga kondisi tubuh agar tetap fit. Kita tentu tidak ingin kelelahan atau bahkan sampai jatuh sakit saat berlibur nanti. Sebaiknya istirahat yang cukup dan konsumsi vitamin supaya kondisi tubuh terjaga.

 

Setiap kali akan bepergian, aku pun tak lupa untuk menyiapkan mental agar siap menghadapi tantangan dan kendala yang mungkin muncul di depan. Tapi yang namanya semangat ngga boleh kendur, dong. Percaya diri bahwa kita pasti mampu menghadapi kegelisahan atau ketakutan terhadap sesuatu yang baru. Nikmati saja tiap jejak langkah kemanapun kita berjalan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18 thoughts on “Ingin Traveling? Persiapkan 7 Hal ini Demi Kenyamanan

  1. Memprsiapkan sesuatu utk traveling, itu yang paling aku sukaaaaaaa bangetttttt. Bikin itin, ngebrowsing semua tempat wisata, cara kesana, nentuin budget dll. Itu nyenengin banget 🙂 . Bahkan proses utk nabung kesananya juga bikin aku slalu semangat 🙂

    Like

  2. nah, rencana cadangan nih yang kadang banyak dilupakan bagi yang mau travelling, ujung2nya kalau seandainya gagal, yah sekalian gagal, ataupun seandainya tak punya cadangan langsung menentukan rencana seketika pasti hasilnya ga maksimal kak 😀

    Like

  3. nah, membuat rencana cadangan ini yg kadang gak kepikiran kak.
    tiba2 pas di jalan, eh ada hal yg menggagalkan rencana awal.
    kadang bisa bahaya, bikin mood rusak dan.. travelingnya jadi engga seru.
    atau kebalikan jadi seru banget krna banyak hal tak terduga yg dilakuin 😀

    ceritaliana.com

    Like

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s