XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data Di Sumatera Jelang Akhir Tahun

Tahun 2018 sebentar lagi akan berakhir. Menjelang pergantian tahun juga ditandai dengan situasi libur panjang. Dan sejak beberapa tahun terakhir, diperkirakan terjadi peningkatan dalam penggunaan layanan data untuk berkomunikasi.

Akses data XL Axiata

Tak hanya itu, pelanggan juga akan berbagi pengalaman mereka saat liburan ke berbagai lokasi wisata dan saat merayakan Natal dan Tahun Baru. Hal ini tentu menyebabkan kenaikan trafik data sepanjang pekan terakhir tahun 2018 sampai awal pekan Januari 2019.

Pernahkah terbayangkan bila di momen berharga seperti liburan bersama dan kumpul keluarga saat Natal maupun Tahun Baru tak dapat dinikmati maksimal karena akses data yang kurang lancar? Pasti rasanya kesal dan kehilangan momen sekali, ya. Kebahagiaan tersebut tentu tidak akan terulang kembali.

Tapi tak perlu khawatir sebab PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan untuk menghadapi libur panjang akhir tahun di wilayah Sumatera dan kepulauan sekitarnya. Sebagai pelanggan, kita tentu berharap libur panjang nanti semua urusan komunikasi dan penggunaan data internet tetap lancar, kan?

Pada hari Jum`at tanggal 21 Desember 2018 kemarin, bertempat di Kafe Jumpa Kawan Medan, XL Axiata mengadakan pertemuan bersama rekan media jelang akhir tahun. Di kesempatan tersebut juga diperkenalkan Corporate Communication XL Axiata Region West yang baru yakni Aldi Desmet.

Hadir pula Bapak Francky Rinaldo Pakpahan, selaku Group Head XL Axiata Region West di tengah-tengah para rekan media. Dalam suasana informal beliau menyampaikan hal-hal terkait kesiapan XL Axiata dalam menghadapi lonjakan trafik data di Sumatera jelang akhir tahun ini.

Group Head XL Axiata Region West
Bapak Francky Rinaldo Pakpahan

”Melihat pola penggunaan layanan data oleh pelanggan sehari-hari dan setiap kali ada hari libur, kami memperkirakan layanan data akan meningkat di masa libur panjang akhir tahun ini. Dalam mengisi libur panjang, mereka akan pergi berlibur, jalan-jalan, makan-makan, melihat hal-hal yang bagus, memiliki kenalan baru, dan sebagainya. Semua itu akan mendorong intensitas penggunaan layanan data. Karena itu, kami selalu menyiapkan secara khusus jaringan di setiap kali libur akhir tahun agar kebutuhan pelanggan atas layanan yang berkualitas bisa terpenuhi”, ungkap beliau.

XL Axiata siap hadapi lonjakan trafik data

Maraknya penggunaan media sosial tentu tak lepas dari keinginan orang untuk mengabadikan banyaknya momen menarik di sepanjang liburan panjang. Mereka juga ingin berbagi kebahagiaan dan acara kumpul keluarga dengan mengunggahnya di laman media sosial, seperti Instagram dan Facebook.

Penggunaan data bagi media sosial

Peningkatan penggunaan yang signifikan biasanya ada pada penggunaan layanan akses video streaming dan musik, serta game-online. Sebab di masa liburan panjang seperti itu, orang akan cenderung berbagi keceriaan lewat rekaman video, serta menikmati waktu bersantai sembari mendengarkan musik dan bermain game-online.

Lantas apa saja langkah yang telah disiapkan oleh XL Axiata?

Peningkatan Kapasitas Jaringan

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik data pada saat Natal dan Tahun Baru 2019, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringannya di seluruh wilayah layanan, termasuk di wilayah Sumatera dan kepulauan sekitarnya.

Secara keseluruhan peningkatan kapasitas jaringan dilakukan di sekitar 1.500-an site yang meng-cover spot dan rute mobilitas liburan natal dan tahun baru.

Penempatan Mobile BTS untuk Penguat Sinyal

Penguatan sinyal juga telah dilakukan di area-area yang biasanya menjadi tujuan masyarakat, antara lain lokasi wisata, pusat perbelanjaan, bandara, pelabuhan, serta jalan-jalan utama yang menghubungkan kota-kota di Sumatera.

Untuk langkah penguatan sinyal dan coverage, XL Axiata juga telah menempatkan Mobile BTS di sejumlah area termasuk di Sumatera di antaranya di sekitar Pelabuhan Simanindo Samosir, Gundaling Berastagi, dan Pantai Cermin Medan.

Antisipasi Pengalihan Jaringan

Tak lupa XL Axiata sudah menyiapkan pengalihan jaringan ke jalur yang kurang padat bila sewaktu-waktu terjadi lonjakan trafik di lokasi tertentu. Sebagai pengguna layanan, kita tentu tidak ingin terjadi putus komunikasi atau akses data yang tersendat-sendat.

Optimalisasi Layanan Pelanggan (Call Center) 24/7

Tim call center XL Axiata bersiap selama 24 jam sehari dan 7 hari sepekan. Pengaturan waktu kerja petugas layanan pelanggan ini juga dimaksimalkan, antara lain dibentuk tim back-up yang sewaktu-waktu harus bertugas akan bisa langsung ikut membantu melayani pelanggan.

Koordinasi yang solid antara tim layanan pelanggan dengan tim yang menangani jaringan serta teknologi informasi juga disiapkan untuk bersama membantu pelanggan yang membutuhkan bantuan teknis.

***

Berdasarkan pengalaman di tahun-tahun sebelumnya, kenaikan trafik tertinggi di Sumatera ada di kota Bandar Lampung dan Banda Aceh. Masyarakat di daerah Sumatera Utara khususnya Medan, Pematang Siantar, Simalungun dan Toba Samosir banyak yang merayakan Natal dan juga pulang kampung saat tahun baru. Antisipasi sudah disiapkan di area-area tersebut, termasuk juga tim lapangan yang bersiaga 24 jam sepanjang masa liburan.

Francky Rinaldo Pakpahan Group Head XL Axiata Region West

XL Axiata temu rekan media di Medan

Di wilayah Sumatera dan Kepulauan sekitarnya, jaringan XL Axiata telah melayani lebih dari 8,5 juta dengan didukung infrastrutur BTS sebanyak lebih dari 21.000 BTS, termasuk lebih dari 14.500 BTS data (3G dan 4G). Khusus untuk layanan 4G, jaringan XL Axiata 4G LTE juga telah melayani masyarakat di lebih dari 138 kota/kabupaten.

XL Axiata di Kafe Jumpa Kawan Medan
Foto bersama di Kafe Jumpa Kawan, Medan

XL Axiata sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia senantiasa fokus menyediakan layanan digital bagi para pelanggannya. Untuk menampung lonjakan akses dari pelanggan saat jelang liburan panjang ini, XL Axiata secara serius memerhatikan segala aspek demi menjamin kelancaran komunikasi serta penggunaan data.

Akses data saat liburan

Selamat menikmati libur panjang buat teman-teman semua. Happy New Year!

 

*Sebagian foto dokumentasi milik XL Axiata, Medan

 

 

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s