Jaga Kebugaran Tubuh lewat Gaya Hidup Sehat di Black Gold, Medan

Aku kembali ingat saat menyusuri lorong-lorong rumah sakit di Penang dan Kuala Lumpur, Malaysia. Keluar-masuk ruang perawatan dan menyaksikan langsung begitu banyak orang yang punya keluhan penyakit, mulai dari ringan sampai penyakit kritis. Aku seperti tertampar sendiri dan disadarkan bahwa bukan tak mungkin satu waktu aku bisa seperti mereka kalau tidak serius menjaga kesehatan.

Black Gold di Medan

Mengawali tahun 2020 ini aku bertekad memperbaiki pola hidup. Mengingat aktivitasku terkadang cukup padat, aku mendambakan badan yang lebih bugar daripada sekarang. Di tengah semakin meningkatnya aktivitas, tubuh yang sehat menjadi syarat mutlak untuk melakukan berbagai pekerjaan.

Agar kesehatan tubuh dapat tercapai, salah satu kiat yang bisa aku lakukan adalah dengan kembali membiasakan diri berolahraga dan menjaga pola makan. Kalau dilakukan rutin, olahraga memiliki banyak manfaat untuk jangka panjang. Dengan merangsang pergerakan otot-otot dan bagian tubuh lainnya, secara otomatis tubuh akan terasa lebih bugar.

Aktivitas fisik yang meningkat karena berolahraga juga beri manfaat penting yakni meningkatkan kualitas hidup. Percuma kalau kita tidak bisa melakukan rutinitas harian secara maksimal disebabkan oleh tubuh yang kurang fit. Bangun pagi terasa berat, padahal jadwal kegiatan semakin padat. Kita didera rasa malas berkepanjangan dan membuat tubuh malas bergerak.

Mengenal Black Gold

Pada hari Senin tanggal 6 Januari 2020 kemarin, aku hadir pada peresmian Black Gold yang bertempat di jalan Gagak Hitam, Kompleks OCBC no. 94 & 95, Medan. Black Gold yang berada di bawah naungan Family Group didirikan sebagai wadah bagi penikmat kopi dan kudapan sehat.

Lantas apa hubungannya kopi dengan kesehatan?

Minuman stimulan yang mengandung kafein ini dapat meningkatkan energi, memperbaiki fungsi kognitif, dan menurunkan risiko depresi jika dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan.

Di Black Gold Ringroad Medan

Black Gold Coffee di Medan

Black Gold hanya menyediakan kopi dengan metode seduh manual brew, dimana kopi hitam tanpa gula dan pemanis buatan ini mampu meningkatkan kinerja fisik dan membantu mengeluarkan potensi tenaga saat melakukan olahraga. Kopi yang diseduh secara manual bertujuan menonjolkan rasa dari kopi itu sendiri dan menunjukkan kualitas biji kopi yang digunakan. Pengolahan secara murni tentu membuatnya lebih sehat, kan?

Meneguk secangkir kopi minimal 1 jam sebelum berolahraga membuat tubuh lebih bersemangat dan setelahnya tidak mudah merasa lelah. Ini dikarenakan kopi membantu stimulasi metabolisme lemak, dimana kandungan kafeinnya memproses lemak menjadi sumber energi. Sesudah olahraga barulah minum/makan yang mengandung karbohidrat dan protein untuk pemulihan otot-otot.

Biji Kopi di Black Gold

Seduh kopi di Black Gold

Tester kopi di Black Gold
Tester kopi di Black Gold

Yansen Anggusti selaku pemilik dari Family Group menuturkan pemilihan nama Black Gold disepakati karena mengingat sejarah kopi dan perjalanan tanaman yang begitu luar biasa ini.

Mulai dari harga yang sangat mahal hingga eksklusifitasnya yang membuat tidak semua orang dapat menikmati, dan hingga kini menjadi minuman wajib bagi banyak orang. Harga kopi yang mahal itulah membuatnya dikenal dengan sebutan “Emas Hitam”. Istilah tersebut mulai digunakan untuk menceritakan perjalanan istimewa biji kopi hingga pembudidayaannya semakin luas.

Yansen Anggusti pemilik Family Group

Yansen Anggusti di Black Gold Medan
Yansen Anggusti

Dengan menyajikan biji kopi khas dari tujuh daerah di nusantara nan berkualitas tinggi, membuat Black Gold berbeda dengan outlet lainnya karena tidak ada biji kopi yang berasal dari luar tanah air. Ada Aceh Gayo, Volcanic Java, Papua Tribals, Sumatran Tiger, Balinesse Dance, Sulawesi Trojan, dan Flowery Flores yang bisa dinikmati seharga Rp 24.348 saja. Lewat cara inilah Black Gold mendekatkan diri pada pelanggan sebagai salah satu langkah dalam meningkatkan kesehatan.

“Kita coba untuk menghadirkan suatu wadah guna mendukung peningkatan kesadaran kesehatan bagi banyak orang, termasuk lewat kopi yang disajikan”, ungkap Yansen.

Selain kopi, disana juga tersaji aneka smoothies sebagai pilihan kudapan sehat. Dilansir dari healthysmoothiehq.com dalam “21 Reasons to Consume Healthy Smoothies”, mengonsumsi smoothies dalam jumlah cukup mampu memberi banyak manfaat bagi tubuh.

Smoothies di Black Gold Medan

Tropical Sunset Bowl di Black Gold Medan

Apa saja manfaat smoothies bagi kesehatan?

Smoothies memberikan suplai vitamin untuk tubuh, melancarkan pencernaan, detoks tubuh dari aneka racun dan kandungan kimia yang berasal dari makanan/minuman yang dikonsumsi, dan tentu saja sebagai cara sederhana untuk menurunkan berat badan.

Aku sempat mencicipi salah satunya yakni Coco Fresh Bowl dalam bentuk smoothies bowl, terdiri dari buah nanas, pisang, dan buah naga, dengan tambahan muesli, biji chia, air kelapa, serpihan kelapa, dan granola. Sungguh perpaduan pas dengan cita rasa manis segar yang pasti disukai banyak orang.

Mencicipi Coco Fresh Bowl di Black Gold Medan

Komposisinya yang lembut dan kental begitu kaya manfaat bila dibandingkan dengan minum jus buah biasa. Sedikit saran saja, menurutku smoothies ini akan lebih oke kalau diolah sedikit lebih kental daripada yang aku nikmati waktu itu.

Adapun jenis smoothies lain yang bisa dipilih adalah Diet Fruity Bowl, Smooth Colourful Bowl, Pink Dragon Bowl, dan Tropical Sunset Bowl, dengan masing-masingnya seharga Rp 41.740/mangkuk.

Jaga Kebugaran Tubuh bersama FamFit

Tak hanya menyajikan kopi hitam dan kudapan sehat untuk dikonsumsi, “menu” penunjang kesehatan utama tentulah olahraga. Nah kebetulan sekali dalam satu lokasi juga disediakan area untuk nge-gym di tiap lantainya, yaitu FamFit.

FamFit adalah Family Fitness yang telah berubah konsep dan menjadi satu wahana yang disediakan Family Group guna mendukung gaya hidup sehat.

Aku sendiri belum pernah melakukan olahraga fitness seperti kebanyakan orang. Waktu sekolah dulu, aku cuma mengambil les olahraga renang dan tenis lapangan, lengkap dengan masing-masing instruktur. Ketika masih bekerja kantoran, aku sempat ikut aerobik di kantor. Di rumah almarhum Papa dahulu bahkan tersedia lapangan bulutangkis dan tenis meja. Dengan berjalannya waktu, saat ini justru aku nyaris tak pernah melakukan ketiganya lagi.

Olahraga di gym FamFit

Membership FamFit Medan

Cukup lama aku tidak berolahraga rutin seperti dulu. Hanya sesekali saja menggerak-gerakkan tubuh di rumah. Padahal suami rajin berolahraga lari dan sepeda, dan rutin pula mengikuti event lari marathon di dalam maupun luar negeri. Ah, dasar aku yang memang kurang motivasi.

Baca : Penang Bridge International Marathon 2018: Ikut Menyemangati Pasangan yang Berlomba

Aku diajak melihat-lihat fasilitas dan alat-alat apa saja yang tersedia di lantai atas. Sewaktu akan menaiki tangga, pengunjung wanita mapun pria akan diarahkan untuk naik dari sisi tangga yang berbeda. Ini ditandai dengan adanya simbol “King” dan “Queen” yang terdapat di dinding bercat merah.

Melihat alat-alat olahraga yang ada di sana, rasanya jadi penasaran sendiri seperti apa ya berolahraga di gym seperti ini. Duh gimana kalau ngga paham fungsi dan cara menggunakan alatnya?

Ruang functional training di Black Gold

Kita tak perlu khawatir karena tersedia personal trainer (instruktur) berpengalaman yang akan membantu. Di sesi sharing sebelumnya aku juga menanyakan apakah sebagai member nantinya dapat berkonsultasi mengenai diet yang baik untuk menunjang program kesehatannya. Yansen menjelaskan bahwa instruktur di FamFit adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang pengaturan pola makan dan diet yang efektif namun tetap aman, sehingga member dapat sekaligus berkonsultasi.

Lantai 2 akan dikhususkan untuk Functional Body Training, dimana tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan kita melakukan aktivitas sehari-hari dengan meminimalisir penggunaan alat. Maka dari itu latihannya akan memperkuat tubuh dan meningkatkan kelenturan secara menyeluruh, bukan pada bagian otot tertentu saja.

Functional Body Training di Black Gold

Angkat beban di Black Gold

Functional Training di Black Gold

Pada setiap tahap kehidupan akan berbeda-beda pula aktivitas hidup sehari-hari yang dijalankan. Seorang remaja berusia 20 tahun tentu berbeda fokus fungsionalnya kalau dibandingkan dengan orang dewasa berusia 50 tahun, misalnya. Contohnya nih, anak remaja tak perlu fokus pada saat bangkit dari kursi, namun itu bisa jadi sebuah tantangan bagi orang yang berusia lebih tua. Paham kira-kira, ya.

Fungsi dari pelatihan kebugaran fungsional yang efektif seperti itu adalah “mensimulasikan” aktivitas aktual yang coba dilatih agar meningkat.

Sebagai contoh juga, kalau sehari-hari kita rutin bersepeda maka pelatihan fungsionalnya akan mencakup latihan yang mensimulasikan gerakan dan memperkuat otot yang digunakan dalam bersepeda. Dan yang dilatih tidak berfokus hanya pada satu bagian saja karena harus melibatkan semua sistem yang bekerja bersama untuk melakukan suatu kegiatan.

Maka untuk menjadi seorang pengendara sepeda yang kuat, kita tidak bekerja pada bagian paha depan saja melainkan ada komponen sistem yang diperlukan untuk mengayuh sepeda.

Oleh sebab itu tujuan dari functional body training diharapkan member dapat lebih fokus berolahraga di rumah tanpa menggunakan alat maupun personal trainer. Wah, bagus nih!

Manual Treadmill di Black Gold

Mencoba treadmill di Black Gold
Coba dulu treadmill-nya
Treadmill di Black Gold
Maafkan outfit yang tidak mendukung

Lantai 3 dikhususkan untuk Bodyweight Training, yaitu olahraga yang bertujuan untuk pembentukan bagian tubuh. Agar tubuh bisa membakar lebih banyak kalori maka perlu melakukan berbagai kombinasi gerakan yang berbeda setiap sesinya. Maka dari itu di ruangan ini terdapat beberapa pilihan alat yang memiliki fokus tujuan yang berbeda.

Tubuh yang sehat memiliki massa otot yang sesuai dengan tinggi dan proporsi tubuh. Olahraga kardio menggunakan treadmill atau sepeda statis ada baiknya dikombinasikan dengan latihan angkat beban dengan barbell atau kettlebell untuk membangun otot.

Keberadaan para personal trainer sebagai pendamping kita berlatih memiliki tujuan untuk memastikan keamanan alat demi menghindarkan cidera saat kita gunakan dan memaksimalkan hasil dalam waktu yang lebih singkat.

Ruang bodyweight training di Black Gold

Alat untuk bodyweight training di Black Gold

Sepeda statis di Black Gold Medan

Alat bodyweight training

Untuk bodyweight training di Black Gold Medan

Di lantai paling atas tersedia sebuah ruangan tertutup untuk melakukan latihan kelenturan seperti yoga dan lain-lain. Meski tak luas, ruangan tersebut mampu menampung sekitar 15 sampai 25 orang untuk tiap kelasnya. Di salah satu sudut ruang tampak gulungan-gulungan matras untuk nantinya dipergunakan.

Ruangan di Black Gold Medan

Fitnes di FamFit Medan

***

Target dari berolahraga adalah memeroleh tubuh yang sehat lagi bugar, dengan bonus bentuk tubuh yang ideal. Seseorang yang teratur melakukan aktivitas fisik dan berolahraga akan lebih produktif saat bekerja karena hormon serotonin di otak juga mengalami peningkatan.

Program kesehatan agar tubuh bugar
Source: @whenharrymetsalad

Black Gold di Ringroad Medan

Setelah mendapatkan cukup informasi mengenai olahraga di gym, aku jadi makin semangat jaga kesehatan dan ingin teratur berolahraga. Toh kalau fisik kita bugar pasti banyak yang bisa dikerjakan.

Hal pertama yang aku lakukan adalah menjalani pola diet agar bisa defisit karbo demi bobot tubuh yang lebih ringan dan bugar. Begitulah pesan dari dokter saat aku menjalani pemeriksaan kesehatan di Malaysia belum lama ini.

Baca : Pengalaman Periksa Kesehatan (Medical Check-Up) di Sunway Medical Centre, Malaysia

Semoga aku bisa konsisten berolahraga, sama seperti konsistensiku menjalani aktivitas blogging selama ini. Doakan ya, teman-teman.

Yuk kita raih manfaat olahraga dan pola hidup sehat demi kualitas hidup lebih baik, karena #healthisgold!

 

Black Gold

Jl. Gagak Hitam, Kompleks OCBC no.94 & 95

Ringroad, Medan

Instagram: @blackgold.medan

 

 

4 thoughts on “Jaga Kebugaran Tubuh lewat Gaya Hidup Sehat di Black Gold, Medan

  1. Seru banget bisa nyobain kudapan disana yah,kak. Apalagi memang menu sehat2 gitu. Btw, Peralatan olahraganya juga sepertinya lengkap gitu ditambah lagi bisa konsultasi dengan trainer. Hmmm, untuk kudapan, aku tertarik mau cobain Coco Fresh Bowl nya tuh. Kalo pemula gini mau kesitu bisa coba2 dulu sebulan gitu gak yah,kak?

    Like

    • Asik kalau bisa olahraga rutin di tempat begini. Jadi semangat juga, kan. Mudah-mudahan kalau semua situasi udah kondusif nantinya, bisa cobain nge-gym di sana, Rin😊.

      Like

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s