5 Tips Traveling Bersama Pasangan

5 Tips Traveling Bersama Pasangan — Traveling itu paling asyik dilakukan dengan orang yang paling mengerti tentang diri kita sekaligus punya kesamaan hobi. Buat aku pribadi travelmate favoritku ya pasti suami sendiri… hahaha ย *masa suami tetangga sih?*. Aku suka traveling berdua dengan suami sebab kami punya beberapa kesamaan minat, salah satunya adalah fotografi. Awalnya pasti gak mudah menyelaraskan tipe, gaya, dan minat kami berdua. Seiring dengan waktu akupun menyadari bahwa ada beberapa hal yang berbeda antara aku dan suami. Nah, harus ada cara supaya traveling itu jadi momen yang berkesan dan gak diwarnai cekcok gara-gara perbedaan tadi.ย Sebenarnya ini cuma sekedar tips ala-ala yang aku dapatkan dari pengalaman traveling berdua dengan suami selama ini.

Bolu - Turkey
Musim dingin di kota Bolu, Turki (Januari 2015)

  • #1. Selalu kompromi

Sebagai pasangan tentu kita setuju bahwa yang namanya kompromi untuk mencapai kata sepakat itu perlu banget. Ini adalah salah satu aspek penting dalam sebuah hubungan. Saat traveling pun antara suami dan istri pasti punya ketertarikan yang beda. Terus kalau gak sama gimana dong caranya? Aku dan suami punya kebiasaan untuk tetap melakukan hal-hal yang kami inginkan dengan mengkompromikan pengaturan waktunya. Karena intinya liburan ini kan hasil kesepakatan berdua, jadi masing-masing harus bisa melakukan apa yang disenanginya kan? Masa sih udah terbang jauh tapi kita gak merasa happy gara-gara memendam perasaan? *aiiihh… jangan sampe baper*. Sesuaikan aja mana yang mau dilakukan lebih dulu, bagaimana pengaturan waktunya dan jangan bersikap masa bodoh.

Baca juga : Hobi Kita Sama… Traveling !

  • #2. Traveling berdua tidak identik dengan harus melakukan apapun berdua

Selama ini mungkin pasangan suami istri gak pernah benar-benar menghabiskan waktu sehari semalam tak terpisahkan. Momen liburan sebenarnya justru jadi penting untuk bisa mewujudkan pengalaman itu. Tapi menghabiskan waktu bersama-sama selama 24 jam full setiap hari bisa bikin suasana jadi sedikit membosankan. Loh jadi harus gimana nih? Jadilah kreatif ! Coba sesekali luangkan sedikit waktu untuk berkegiatan sendiri alias gak selalu nempel kemana-mana dengan pasangan. Misalnya, saat salah satu nongkrong di gerai kopi, yang lain bisa berjalan-jalan di sekitar untuk sekedar motret atau melihat-lihat siapa tau ada sesuatu yang menarik (atraksi atau bahkan barang unik yang dijual). Ini namanya kebersamaan yang gak mengikat satu sama lain dan justru akan terasa spesial.

Baca juga : Pasangan Traveling

  • #3. Kurangi mengeluh yang tidak perlu

Liburan itu gak selalu berjalan dengan sempurna. Kadang-kadang ada hal-hal yang terjadi diluar prediksi. Kecapean, perut lapar, bosan adalah contoh kecil yang bisa merusak mood dan bikin kita ngeluh. Mengeluh sih boleh-boleh aja asal gak menggerutu sepanjang jalan seharian *bikin pegel yang dengar*. Mengomel itu bikin rusak mood diri sendiri, sekaligus merusak mood orang yang mendengarkannya. Coba deh agak santai dikit kalau tiba-tiba sesuatu gak sesuai rencana. Toh selalu ada hikmah dari setiap hal yang terjadi dan berusahalah menganggapnya sebagai bagian dari pengalaman.

  • #4. Saling mendukung dan bekerjasama

Menyatukan isi kepala 2 orang manusia itu bukan perkara mudah. Saat liburan pun sebaiknya tetap ada yang menjadi leader sekaligus pengambil keputusan di saat-saat sulit. Yang namanya tersesat, ngalamin scam yang bikin bete, atau bahkan salah seorang jatuh sakit adalah salah satu hal yang sangat lazim terjadi. Sebisa mungkin bantulah pasangan kita melewati hari buruknya dengan memberikan support secara mental. Dukungan di kala sama-sama jauh dari rumah itu sangat penting untuk mengembalikan mood yang jelek tadi karena hal ini akan menguatkan ikatan satu sama lain. Dan kalau ada hal-hal yang terjadi diluar dugaan, biasakan untuk saling bekerjasama menemukan ide untuk keluar dari keadaan yang kurang mengenakkan.

Baca juga : Menikmati Liburan

  • #5. Sadar tak ada pasangan yang sempurna

Pasangan kita bukanlah orang yang serba tau, sangat hebat atau luar biasa sempurna. Ia toh tetap manusia biasa yang punya kekurangan. Punya ekspektasi tinggi bahwa pasangan kita bakal bisa menyelesaikan semua hal justru bikin kita makin bete kalau ternyata ada yang terlewat. Aku dan suami banyak belajar memahami satu sama lain dalam setiap perjalanan yang kami lakukan berdua. Salah satu trik yang aku lakukan antara lain adalah mempersiapkan diri sendiri sebaik mungkin dengan informasi yang cukup untuk meminimalkan resiko buruk yang mungkin terjadi. Ya paling tidak aku berusaha menjadi orang yang bisa diandalkan saat pasangan membutuhkan bantuan. Jadi kitanya gak ketergantungan tingkat tinggi gitu loh.

5 Tips Traveling Bersama Pasangan — Kemanapun kita bepergian bersama pasangan intinya ya harus sama-sama senang. Kalau ada yang terasa mengganjal di hati, langsung aja diomongin biar suasana gak berubah jadi serba salah. Usahakan selalu menghadirkan suasana yang menyenangkan untuk berdua, karena momen traveling itu gak akan pernah sama.

Kalau kalian punya tips lainnya, boleh sharing di bagian komentar ya…

It`s wonderful to travel with somebody that you love, and we never travel anywhere without one another (Roger Moore)

Hello Kitty Town Johor Bahru Malaysia
Di Hello Kitty Town, Johor Bahru Malaysia (September 2013)

30 thoughts on “5 Tips Traveling Bersama Pasangan

  1. Aku hampir selalu travelling sama suami, enak sih merasa lebih secure aja baik secara fisik ataupun finansial :p
    Sering banget dapet problem nyasar, sempet bete sebentar pasti tapi abis itu ketawa2 menyadari kebodohan kita knapa sampe nyasar. Selain itu mempererat hubungan, apalagi kita belom ada anak…

    Like

  2. Haai mba, hihi.. Aku klo jln berdua doang ama pasangan udh pasti berantem. Selera kita beda sih haha.. Jd, lbh asik ramean sm tmn, tp tiduur mah ttp berdua sih.

    Oya, soal tiket AA yg lupa masukin big id, tiketnya udh dipake? Klo blm dipake/belom sampe travel periodenya, masih bs masukin big shot id mba, login aja di web AA trus manage my booking. ๐Ÿ˜‰

    Like

    • Hehehe… berantem sama pasangan pas liburan bukannya jadi bumbu perjalanan mbak Noe? Aku malah nyaris ga pernah traveling bareng temen lg sejak merid.. hihihi ๐Ÿ˜€. Oya bisa dimanage my booking yah? Blm sampe travel periodnya siy mba… haseekkk… jadi semangat lagi dakuuu ๐Ÿ˜€. *gak mau rugi banget

      Like

  3. Memang ya punya pasangan yang asyik diajak travelling itu penting banget. Dari sebelum menikah, saya travelling bersama suami, dan Alhamdulillah makin merasa klik melihat sifatnya hahahhahahaaa
    Soal berantem, paling ketika dia marah saya ngga bisa packing dengan rapih ๐Ÿ™‚

    Like

    • Setuju banget mba… beruntunglah yg punya pasangan hobi traveling, jd kalo mau jalan-jalan tinggal ajak aja hehehe ๐Ÿ˜€. Iih samaa deh sama aku juga gak bgitu pinter packing, pinteran suamiku hihihi..

      Like

  4. Kayaknya enak yah travelling bersama pasangan, seruan mana sama travelling bareng teman perempuan lainnya. Pasti sensatinya beda yah? Karena udah ngalamin travelling bareng teman perempuan sekarang pengen ngerasain travelling bareng pasangan, eh cari pasangan dulu aja kali yah.. hihihi

    Like

    • Beda sensasi Rin… sama2 enak pasti yah hehehe. Tp menurutku traveling bareng pasangan lebih klik aja karena apa-apa bebas n ga perlu sungkan ini itu… mau berantem pun hayuuk hahaha ๐Ÿ˜€. Ayooo dicari atuh pasangannya ya neng.. ntar aja liburan bareng hihi.

      Like

  5. cocok nih nanti pas pengantin baru, rencanakan travelling bareng pasangan. sejauh ini belum bisa ikutan sharing tips kak, kan belum punya pasangan, gebetan aja ngga ada tuh, hahahaa

    Like

    • Pengantin baru wajib honeymoon kemana gitu, ke Lombok bisaaaa… ke Maldives bisaaa.. hehehe. Yodah fokus dulu nyari pasangannya Sab, keknya itu yang lebih susah daripada hanimunnya ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€.

      Like

Yuk, silahkan berkomentar disini. DILARANG meninggalkan link hidup di kolom komentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s